JawaPos Radar

Sandi Klaim Proyek LRT Velodrome-Kelapa Gading Sudah 100 Persen

05/08/2018, 22:17 WIB | Editor: Sari Hardiyanto
Kereta Light Rail Transit (LRT)
ILUSTRASI: Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno menyebut seluruh konstruksi light rail transit (LRT) fase 1 rute Velodrome-Kelapa Gading sudah rampung. (Alwi Alim/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno menyebut seluruh konstruksi light rail transit (LRT) fase 1 rute Velodrome-Kelapa Gading sudah rampung. Dia memastikan moda transportasi berbasis rel tersebut bisa digunakan saat Asian Games 2018.

“Konstruksinya sudah 100 persen, uji statistik dinamisnya sedang berlangsung kita pastikan bahwa LRT ini bisa beroperasi dan dioperasikan untuk menyambut Asian Games,” ujar Sandi saat ditemui di Cakung, Jakarta Timur, Minggu (5/8).

Konstruksi yang dimaksud, yakni termasuk keseluruhan jalur dan depo yang berada di Kelapa Gading, Jakarta Utara. Dia mengatakan, saat ini pihaknya fokus terhadap penataan ruas jalan di bawah jalur layang LRT 5,8 kilometer.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno
Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno (Yesika Dinta/JawaPos.com)

“Deponya sudah siap, sekarang kita minta langsung di TL (timeline) Pak Wali Kota nanti bisa melihat, di bawahnya itu yang kita bisa lihat bahwa masyarakat meminta setelah sudah selesai pembangunan, di atasnya, di bawah dari jalan yang terdampak pembangunan LRT (akan) dirapikan,” tuturnya.

Setelah diuji coba statis pada Juni lalu, Pemprov DKI Jakarta masih menunggu sertifikasi yang harus diterbitkan oleh Kementerian Perhubungan. Setelah itu, kereta LRT baru bisa digunakan untuk masyarakat umum.

“Operasinya menunggu hasil dari uji coba yang dilakukan oleh Kementerian Perhubungan,” kata Politikus Partai Gerindra itu.

Sebagai informasi, sebanyak delapan trainset LRV (Light Rail Vehicles) yang diproduksi Hyundai Rotem, Korea Selatan sudah sampai di Jakarta sejak Juli 2018. Sandi sendiri sudah menguji coba kereta tersebut dengan kecepatan 80 kilometer per jam.

(yes/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up