JawaPos Radar

Kalau Berdiri Kecium Baunya

Sambil Endus Aroma Erick Tohir, Sandi Sebut Kali Item Ibarat Ketiak

11/08/2018, 05:45 WIB | Editor: Bintang Pradewo
Sambil Endus Aroma Erick Tohir, Sandi Sebut Kali Item Ibarat Ketiak
Sandiaga Uno. (Reyn Gloria/ JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Sebelum mendeklarasikan diri sebagai calon wakil presiden untuk Pilpres 2019, mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno menyempatkan diri meninjau kesiapan Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (9/8) malam. Seperti biasa, Sandi ditemani Ketua INASGOC Erick Tohir.

Keduanya memastikan wisma tersebut sudah bisa digunakan mengingat para atlet Asian Games 2018 akan datang mulai hari ini, Jumat (10/8). Dia ingin para atlet dan ofisial nyaman selama berada di ibu kota.

Sambil Endus Aroma Erick Tohir, Sandi Sebut Kali Item Ibarat Ketiak
Kali Item yang berada di dekat Wisma Atlet Kemayoran. (Dery Ridwansah/ JawaPos.com)

“Kita ingin bahwa first impression itu kan yang paling penting. Jadi first impression mereka itu selain Airport adalah tempat mereka tinggal. Jadi ya kita betul-betul berharap bahwa fisrt impression mereka baik,” ujar Sandi di lokasi.

Selain tempat menginapnya, Pemprov DKI juga memperhatikan pemandangan yang disugukan. Hal itu mengingat Wisma Atlet berhadapan langsung dengan Kali Item yang terkenal dengan bau tak sedap dan warnanya yang keruh.

“Kali Sentiong ini kan dijadikan salah satu kolaborasi dari semua pihak. Bahwa semua terjun untuk memastikan tidak efek jelek (di mata atlet),” tuturnya.

Selama beberapa bulan terakhir, pihaknya sudah membenahi Kali Item, misalnya dengan pemasangan kain waring, nano bubble, aerator, hingga menyemprotnya dengan cairan pewangi. 

“Kalau kita berdiri di sini (pinggir Kali) pasti akan tercium. Tapi sama juga kayak ketiak gitu ya. Kalau ketiak kan dari sini (posisi biasa) kan tidak tercium. Tapi kalau ketiak Erick, gue gini-giniin (mengendus langsung) ya kecium lah gitu,” terang dia sembari mencontohkannya.

Menurut Sandi, bau yang ditimbulkan kali tersebut sudah acceptable. Bahkan, di beberapa tempat, aroma busuk sudah tidak tercium lagi. “Tergantung arah angin (juga). Tapi kalau normal sih, sudah jauh teratasi. Sudah acceptable (diterima),” tambahnya.

Di tempat lain, lanjut dia, seperti Kali Guangzhou di Tiongkok memiliki bau yang sama seperti Kali Item. Namun, cawapres pasangan Prabowo Subianto itu meyakini aktivitas atlet tidak akan terganggu meski tempat makan atau cafetaria berada dekat dengan kali.

“Kalau memang (posisinya) ada di pinggir kali, ya baunya seperti ini. Tapi kan di luar itu kan kita takut (khawatir). Terutama di cafetaria di sana (wisma atlet). Di tempat mereka (atlet) nanti akan makan tiga kali sehari,” pungkasnya. 

(yes/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up