Senin, 18 Jun 2018
radarbali
icon featured
Travelling

Nenek Anneke, Obsesinya tentang Bali, Renang Marathon, dan Kesehatan

Selasa, 13 Mar 2018 07:45 | editor : ali mustofa

nenek uzur, renang marathon, promosi lovina, wn belanda

BUGAR: Nenek Anneke usai renang marathon di Pantai Lovina kemarin (Eka Prasetya/Radar Bali)

LOVINA - Seorang wisatawan mancanegara asal Belanda, Anneke Govers, melakukan aksi renang marathon di perairan Lovina.

Anneke berenang sejauh dua mil atau sekitar 3,6 kilometer. Aksi itu menjadi istimewa, karena usia Anneke tak lagi muda. Tahun ini, usianya sudah menginjak 80 tahun. Apa yang dicari?

Kepada wartawan, Anneke mengaku melakukan aksi itu sebagai bentuk kampanye kebersihan lingkungan. Khususnya perairan Lovina.

Menurutnya, keindahan terumbu karang di Lovina cukup menjanjikan. Namun masih perlu dirawat dan dijaga dari sampah.

“Saya ingin menunjukkan pada teman-teman saya di Belanda, kalau Lovina itu indah. Lautnya, terumbu karangnya, semua indah.

Ini juga menjadi pesan bagi masyarakat yang tinggal di Lovina, agar menjaga lingkungannya dari sampah. Saya tidak ingin berenang di laut yang banyak sampah,” kata Anneke yang juga langganan tetap di Hotel Adirama.

Untuk mempersiapkan aksinya itu, Anneke mengaku perlu berlatih beberapa hari. Terutama untuk membiasakan kondisi tubuhnya dengan suhu air di Bali.

Tubuhnya membutuhkan waktu penyesuaian yang cukup panjang, sebelum akhirnya melakukan aksi itu.

“Di Bali saya perlu beberapa penyesuaian dengan suhu dan cuaca. Tapi saat di Belanda, saya berenang setiap hari dan itu menjaga saya tetap sehat,” katanya lagi.

Kepala Dinas Pariwisata Buleleng, Nyoman Sutrisna mengapresiasi langkah yang dilakukan Anneke Govers.

“Anneke ini punya kecintaan terhadap kondisi konservasi di Lovina, yang patut kita banggakan. Bersama dengan stakeholder terkait,

kami akan terus berusaha menjaga kondisi di kawasan wisata Lovina, terutama agar tetap bersih seperti harapan wisatawan,” demikian Sutrisna.

Asal tahu saja, ini bukan pertama kalinya Anneke melakukan aksi renang marathon. Ini sudah keempat kalinya ia melakukan aksi serupa.

Anneke memulai aksinya pada tahun 2014, dan berlanjut pada tahun 2015 dan 2016. Tahun lalu, ia tidak melakukan aksi itu.

Tahun ini ia kembali berenang marathon, dan berharap tahun depan bisa melakukan aksi serupa. Woow…! 

(rb/eps/mus/mus/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia