Senin, 28 May 2018
radarbali
icon featured
Ekonomi

Layani Pemudik Lebaran, Konsumsi BBM Diprediksi Naik 5 Persen

Jumat, 18 May 2018 07:45 | editor : ali mustofa

mudik lebaran, konsumsi bbm, pertamina bali

Ilustrasi (Miftahuddin Halim/Radar Bali)

DENPASAR – Memasuki bulan Ramadhan disusul Idul Fitri, Pertamina Marketing Operation Region V (MOR V) bakal menambah pasokan bahan bakar minyak (BBM) untuk wilayah Bali.

Hal ini untuk mengantisipasi lonjakan konsumsi BBM di bulan Ramadhan. Terlebih jelang Idul Fitri bagi para pemudik yang akan berlebaran di kampung halaman.

GM Pertamina MOR V Ibnu Chouldum mengungkapkan, konsumsi normal harian BBM  wilayah Bali baik gasoline (premium, pertamax series) dan gasoil (solar/bio, dex series) berada pada kisaran volume 3000 kilo liter (KL).

Saat bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri tahun ini, Pertamina akan melakukan penambahan pasokan sesuai prediksi antara 1 sampai 5 persen (lihat grafis).

“Ini melihat kondisi tahun-tahun sebelumnya,” ujar Ibnu Chouldum kemarin (17/5). Penambahan pasokan BBM bakal melihat peningkatan aktivitas kendaraan terlebih dulu.

“Biasanya penambahan pasokan akan terus berlangsung hingga puncaknya H-7 Lebaran,” bebernya. Penambahan juga dilakukan pada bahan bakar pesawat (avtur) dan LPG bersubsidi ukuran 3 kg.

Untuk penambahan bahan bakar avtur, diprediksi akan meningkat 9 persen menjadi 2489 KL, dari konsumsi normal harian yang mencapai rata-rata mencapai 2267 KL untuk Bali.

“Kenaikan konsumsi tertinggi diprediksi pada H-5 dan H+3 saat puncak arus mudik dan arus balik Idul Fitri,” jelasnya.

Adapun beberapa langkah antisipatif yang dilakukan oleh tim aviasi Pertamina MOR V dalam persiapan Ramadhan dan Lebaran.

Yakni memastikan kecukupan stok avtur, melakukan pengecekan sarfas dan stocking material yang dibutuhkan,

memastikan kesiapan seluruh bridger dan AMT, serta menjaga availibility jumlah kendaraan hydrant dispense dan refueller sesuai dengan kebutuhan.

“Partisipasi masyarakat juga sangat diharapkan untuk memperlancar penyaluran BBM, Avtur dan juga LPG bersubsidi ini agar tidak terjadi kendala,” pungkasnya.

 

Pasokan BBM saat Ramadhan dan Idul Fitri

Produk BBM                       Konsumsi Harian                                              Prediksi Penambahan

Premium                             602 KL per hari                                                  632 KL per hari

Pertalite                               1.160 KL per hari                                              1.218 KL per hari

Pertamax                            716 KL per hari                                                  752 KL per hari

Pertamax Turbo                2 KL per hari                                                       tetap

Solar                                      478 KL per hari                                                  472 KL per hari

Dexlite                                  38 KL per hari                                                     37 KL per hari

Pertamina Dex                  4 KL per hari                                                       tetap

(rb/zul/mus/mus/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia