Jumat, 22 Jun 2018
radarbali
icon featured
Metro Denpasar

Gema Takbir Sambut Idul Fitri Bergema di Kampung Jawa Wanasari

Jumat, 15 Jun 2018 04:15 | editor : ali mustofa

hari raya, idul fitri, gema takbir, kampung jawa

TAKBIR KELILING: Peserta takbir keliling di kampung Jawa, Kamis malam (Adrian Suwanto/Radar Bali)

DENPASAR -  Merayakan hari kemenangan atas sebulan penuh menahan hawa nafsu, Dusun Wanasari Denpasar atau yang biasa dikenal dengan Kampung Jawa menyelenggarakan pawai  keliling, Jumat malam kemarin (14/6).

Selain pawai, acara  yang dilaksanakan sehari sebelum hari Lebaran, digelar lomba gema takbir di depan Masjid Raya Baiturrahmah.

Pawai ini dimulai sebelum umat Muslim melakukan salat Isya. Dimulai dari depan Masjid Raya Baiturrahmah, kemudian ke arah selatan.

Lalu masuk  gang 1. Menariknya, pawai ini baru pertama kali dilakukan dalam merayakan hari raya Idul Fitri 1439 Hijriah. 

Kepala Dusun Wanasari H. Badrus Syamsi mengatakan, pawai untuk kali pertama ini dikarenakan ingin mengenalkan kepada masyarakat luas.

Maka dari itu pawainya dilakukan dengan jarak dekat dulu, tidak sampai keliling dusun, agar tidak mengganggu arus lalu lintas. 

“Para anak muda berkumpul.  Setiap tahun dilaksanakan hari raya Idul Fitri itu. Malamnya harinya selalu diadakan lomba gema takbir.

Tapi, untuk tahun ini sebelum dilaksanakan lomba gema takbir pada pukul 19.00 diadakan pawai dulu. Pawai keliling dari depan masjid ini arah ke selatan masuk gang 1 dan kembali,” jelasnya. 

Para peserta pawai  membawa  berkeliling dengan  membawa alat pemukul sembari melantunkan takbir dan salawat Nabi.  

“Yang ikut  pawai kalangan panitia saja. Tidak semua masyarakat, agar lalu lintas ini terganggu. Pawainya ya seperti ada pukul-pukulan alat  ini sambil melantunkan gema takbir.

Keliling agar masyarakat tahu. Kalau maayarakat mengenal mungkin bisa keliling dusun,” ujarnya. 

(rb/feb/mus/mus/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia