Jumat, 22 Jun 2018
radarbanyuwangi
icon featured
Kesehatan

Bayi Gumoh Itu Wajar

Sabtu, 13 Jan 2018 06:10 | editor : Ali Sodiqin

Bidan Nuraini

Bidan Nuraini (Niklaas Andries/JPRB)

BANYUWANGI – Memberikan bayi minum susu menjadi rutinitas yang mengasyikkan bagi seorang ibu. Hanya saja tidak jarang saat memberikan susu atau makanan kepada bayi. Sang buah hati kerap mengeluarkan kembali makanan atau minuman yang telah ditelan tersebut.

Pemandangan itu sebenarnya tidak berbahaya dan tidak perlu dikhawatirkan. Masyarakat umum sering menyebut fenomena tersebut dengan istilah gumoh. Kejadian ini biasanya terjadi pada bayi di bawah usia satu tahun.

Gumoh sendiri disebabkan kerongkongan bayi belum berkembang sepenuhnya. Selain itu, ukuran lambung bayi juga relatif masih sangat kecil. Kondisi ini akan menghilang ketika bayi berusia satu tahun ke atas. ”Pertumbuhan bayi membuat otot dasar kerongkongan berfungsi lebih baik,” ujar Bidan Nuraini.

Gumoh dialami bayi dalam frekuensi yang bervariasi. Bayi yang sering gumoh dianggap normal bila pertumbuhan dan perkembangannya tetap baik, tidak rewel, dan sistem pernapasan berjalan tanpa gangguan.

Untuk ibu yang menyusui bayinya, ada baiknya memperhatikan posisi bayi saat menyusui atau memberi makan. Biasakan posisi bayi dalam keadaan tegak. Pertahankan posisi itu setelah pemberian susu atau makanan dalam beberapa menit. ”Ini untuk memberikan kesempatan minuman atau makanan turun ke saluran cerna,” katanya.

Selanjutnya bisa juga memberikan susu atau makanan sedikit lebih sedikit. Untuk bayi yang pakai dot, Nuraini menekankan untuk memperhatikan ukuran dot yang diberikan. Hindari juga posisi bayi dalam posisi tengkurap terutama saat tidur.

Dalam beberapa kasus bisa jadi gumoh yang dialami bayi menandakan adanya gangguan pada bayi seperti alergi. Segera lakukan pemeriksaan ke dokter atau bidan bila ada gumoh yang dirasakan tidak wajar atau disertai gejala lain. ”Gumoh sendiri sebenarnya merupakan hal wajar,” pungkasnya.

(bw/nic/als/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia