Selasa, 19 Jun 2018
radarbanyuwangi
icon featured
Ekonomi Bisnis

Tanaman Hias Mulai Diburu

Sabtu, 09 Jun 2018 18:15 | editor : Bayu Saksono

SEMAI: Nurwati menyirami tanaman hias yang ada di kiosnya di Desa Yosomulyo, Kecamatan Gambiran, kemarin (8/6).

SEMAI: Nurwati menyirami tanaman hias yang ada di kiosnya di Desa Yosomulyo, Kecamatan Gambiran, kemarin (8/6). (KRIDA HERBAYU/JPRG)

GAMBIRAN - Penjulan tanaman hias, mendekati Hari Raya Idul Fitri ini meningkat. Geliat bisnis itu, dirasakan oleh para penjual tanaman hias yang ada di Desa Yosomulyo, Kecamatan Gambiran, kemarin (8/6).

Salah seorang pengurus tanaman dan bunga hias, Nurwati, 40, asal Dusun Sidorejo, Desa Yosomulyo, Kecamatan Gambairan mengatakan, pada Juni-Juli ini penjualannya mengalami peningkatan. Dan itu naik drastis jelang Lebaran. “Sekarang ramai,” katanya.

Kenaikan itu, terang dia, seperti produk bunga pot dan berbagai jenis bunga potong. “Kalau puasa ini ada peningkatan penjulan bunga pot sekitar 30 hingga 40 persen. Kalau bunga potong bisa 100 persen penjualannya saat hari pertama Lebaran,” ucapnya.

Menurut Nurwati, tanaman dan bunga hias kerap dipesan konsumen untuk keperluan hiasan rumah. Sedangkan bunga pot, biasa untuk pelengkap tanaman di halaman rumah. “Pemesan berbeda-beda keinginannya, tapi bunga potong lebih laku untuk dekorasi rumah,” ucapnya.

Kenaikan penjualan tanaman bunga hias, memang sangat signifikan. Setiap Ramadan, kios bunganya selalu diserbu pelanggan. Beberapa bunga yang sering dicari oleh pembeli itu seperti tanaman krisant, calla lilly, snap dragon. “Lilly adalah jenis bunga hias yang cukup laku dan kerap dicari oleh pembeli,” ujarnya.

Budidaya bunga hias di Kecamatan Gambiran, terang dia, didukung oleh iklim dan ketersediaan air yang cukup melimpah. Sehingga, membuat biaya perawatan serta budidaya bunga hias tergolong murah.

(bw/kri/rbs/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia