Senin, 25 Jun 2018
radarbojonegoro
icon featured
Blora

Ajak Mengurangi Bermain Gadget

Sabtu, 13 Jan 2018 06:10 | editor : Fa Fidhi Asnan

membaca

MEMBACA: Mengajak anak untuk membudayakan membaca agar tidak terus menerus bermain gadget. (M. Mahfudz Muntaha/Radar Blora)

CEPU - Anak-anak pun sekarang banyak bermain gadget saat mengisi waktu luang. Hal ini membuat beberapa pemuda di Desa Cabean, Kecamatan Cepu, prihatin. Mereka berupaya menumbuhkan minat baca anak. 

Ketua Taman Baca dan Budaya Centhik Geni Cepu Jupri mengatakan, penggunaan gadget berlebihan oleh anak membuat waktu bersosialisasi dengan lingkungan sangat kurang. Karena anak lebih fokus bermain gadget. Hal ini perlunya mengajak anak lebih aktif di luar rumah mengurangi ketergantungan kepada gadget. 

Karena itu, bersama pemuda lainnya intens mengajak anak-anak suka bucaya membaca. Bukan hanya meningkatkan komunikasi sosial anak, komunitas ini mengajak anak bercocok tanam dan berkunjung di kebun. 

Setidaknya, upaya ini agar anak bisa lebih meningkatkan hubungan sosialnya. ‘’Kalau anak-anak bermain bersama seperti ini pasti secara tidak langsung akan bersosialisasi sendiri,’’ ujarnya. Rencana ke depan, anak akan disediakan permainan edukasi dan mendongeng. 

(bj/fud/rij/faa/JPR)

 TOP
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia