Jumat, 22 Jun 2018
radarbromo
icon featured
Bangil

Awal Tahun, Sudah 3 CJH Mengundurkan Diri Karena Alasan Ini

Jumat, 12 Jan 2018 07:05 | editor : Fandi Armanto

DILEPAS: Suasana pemberangkatan CJH Kabupaten Pasuruan di kompleks kantor pemkab pada tahun 2017 silam. Di awal tahun ini, sudah ada 3 CJH yang mengundurkan diri.

DILEPAS: Suasana pemberangkatan CJH Kabupaten Pasuruan di kompleks kantor pemkab pada tahun 2017 silam. Di awal tahun ini, sudah ada 3 CJH yang mengundurkan diri.

PASURUAN – Kendati masih tahap awal, sudah ada tiga calon jamaah haji (CJH) Kabupaten Pasuruan yang mengundurkan diri. Alasannya pun beragam. Mulai masih belum ada biaya, sakit, dan juga memilih menunda agar bisa berangkat bersama dengan keluarga yang lain.

Hal tersebut diungkapkan Imron Muhadi, kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Pasuruan. Imron mengatakan, bahwa per awal Januari 2018 sudah ada tiga CJH yang memastikan diri untuk mundur berangkat tahun 2018 ini.

“Sudah ada tiga CJH yang memastikan diri mundur, bahkan sudah membuat surat permohonan penundaan pemberangkatan haji tahun 2018 ini,” ujarnya.

Imron mengaku, CJH yang mengundurkan diri adalah hal biasa. Sehingga, jika ada CJH yang mengundurkan diri, maka akan langsung masuk ke dalam kuota tahun berikutnya. Dijelaskan alasan pengunduran diri memang berbagai macam. Dari tiga CJH tadi, alasan yang dikemukakan adalah faktor biaya, faktor kesehatan, dan memilih menunda agar bisa berangkat bersama dengan keluarga tahun berikutnya.

Surat permohonan penundaan pemberangkatan, lanjut Imron, langsung dikirim ke Kemenag Pusat oleh Kemenag Kabupaten Pasuruan. Dipastikan CJH yang bersangkutan langsung dicoret berangkat tahun 2018 ini. 

Saat ini jumlah CJH sebanyak 1.210 CJH. Dengan adanya 3 CJH yang mundur, ini berarti ada 1.207 yang masih masuk kuota keberangkatan.

“Meskipun nanti tetap dilihat saat tahap pelunasan, untuk CJH yang tidak melunasi biasanya akan langsung dicoret dan diundur berangkat tahun berikutnya,” pungkasnya.

(br/fun/eka/fun/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia