Senin, 18 Jun 2018
radarbromo
icon featured
Radar Bromo Events

Begini Persiapan Tryout Kejujuran CBT di Kabupaten Probolinggo

Rabu, 07 Mar 2018 13:00 | editor : Muhammad Fahmi

tryout, ujian, unas, uas, usbn, kejujuran, persiapan, cbt

DIMATANGKAN: Para proctor dari 13 SMP yang akan menjadi lokasi tryout diberi pelatihan aplikasi CBT Beesmart di Laboratorium TIK SMPN 2 Kraksaan, Selasa (6/3). (Jamaludin/Radar Bromo)

KRAKSAAN - Persiapan pelaksanaan Tryout Kejujuran Computer Based Test (CBT) gelaran Dinas Pendidikan (Dispendik) Kabupaten Probolinggo bersama Jawa Pos Radar Bromo, terus dimatangkan. Selasa (6/3), para proctor dari 13 SMP yang akan jadi lokasi tryout diberi pelatihan aplikasi CBT Beesmart.

Dalam pelatihan yang digelar di Laboratorium TIK SMPN 2 Kraksaan, itu para proctor atau orang yang bertanggung jawab mengoperasikan aplikasi CBT pada server sekolah itu diberikan softcopy aplikasi CBT Beesmart. Aplikasi itu, kemudian diinstal di masing-masing laptop mereka.

Selanjutnya, para proctor diberi petunjuk atau teknis penggunaannya. “Dalam tryout nanti, kami akhirnya memakai aplikasi CBT Beesmart. Sebab, aplikasi ini memiliki menu untuk pengurangan poin atau nilai,” ujar Koordinator Pengawas SMP Kabupaten Probolinggo Ganif Rojikin.

Menurutnya, tryout yang akan digelar pada Kamis (15/3) itu, berbeda dengan tryout yang sudah dilaksanakan oleh setiap sekolah. Tryout ini sifatnya kompetisi. Karenanya, dalam pelaksanaannya juga ada pengurangan nilai bagi peserta yang salah menjawab.

“Benar poinnya tiga, tidak dijawab nol, dan salah dikurangi satu. Aplikasi CBT yang memungkinkan untuk sistem ini adalah CBT Beesmart,” ujarnya.

Proctor dari SMPN 2 Kraksaan Abdul Rauf yang menjadi tutor dalam kesempatan ini memaparkan sejumlah menu aplikasi CBT Beesmart. Meski aplikasi ini bersifat gratis, menurutnya menunya lengkap dan tampilan pada layar komputer peserta juga mirip dengan yang dipakai pada saat Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) sebenarnya.

“Jadi, meski sekolah sudah memiliki aplikasi CBT lain yang sudah dipasang untuk latihan-latihan di sekolah, saat  aplikasi CBT Beesmart ini dipasang tidak ada masalah. Tidak akan terjadi konflik dengan aplikasi sebelumnya,” ujarnya.

(br/uno/mie/mie/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia