Sabtu, 23 Jun 2018
radarbromo
icon featured
Pasuruan

Manajemen RSUD dr Soedarsono Tingkatkan Kompetensi Perawat dan Bidan

Senin, 12 Mar 2018 15:20 | editor : Fandi Armanto

rumah sakit, rs, rsud, dr r soedarsono

GELAR PELATIHAN: Adanya pelatihan preceptorship diharapkan meningkatkan kompetensi perawat dan bidan di RSUD dr R. Soedarsono Kota Pasuruan. (Istimewa)

PASURUAN - Puluhan perawat dan bidan mengikuti pelatihan Preceptorship yang dilaksanakan sejak Kamis (22/2) hingga Sabtu (24/2) di ruang pertemuan lantai 2 RSUD dr. R. Soedarsono Kota Pasuruan. Kegiatan tersebut merupakan kerja sama manajemen RSUD dengan Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI).

Direktur RSUD dr R. Soedarsono Kota Pasuruan dr. Hendra Romadhon mengatakan, tujuan dari pelatihan tersebut untuk menjelaskan konsep bimbingan klinik serta meningkatkan kemampuan pembimbing dalam pengelolaan mahasiswa di klinik.

“Tujuan pelatihan ini di antaranya adalah untuk menjelaskan konsep pembimbingan klinik, meningkatkan kemampuan pembimbing dalam pengelolaan mahasiswa di klinik, serta melakukan evaluasi proses pembimbingan klinik. Selain itu, tujuan lain yang ingin dicapai adalah untuk membantu peserta didik menyesuaikan diri dengan lingkungan tempat praktik dan mengembangkan potensi serta keterampilan yang bermutu dalam praktik,” ujar Hendra.

“Dengan pelatihan tersebut, diharapkan mampu meningkatkan kemampuan dan keterampilan pembimbing klinik. Materi pelatihan yang diberikan meliputi konsep pembimbingan klinik, kompetensi bimbingan klinik pada masing-masing unit, penerapan metode pembelajaran klinik, pengelolaan mahasiswa di klinik, serta metode evaluasi pembelajaran klinik,” imbuh Hendra.

Setelah mendapatkan materi, peserta melakukan praktik lapangan dengan orientasi di ruangan didampingi oleh Nisutomo, S.Kep.NS., Loetfia Dwi R., S.Kep. Msi., dan Kuswantoro, S.Kep.,NS.M.Kep. Dan, diakhiri dengan presentasi hasil evaluasi pelaksanaan Preceptorship di ruangan masing-masing secara berkelompok.

Umi Fatimah, S.Kep.Ners., salah satu peserta mengungkapkan, kegiatan itu sangat bermanfaat. “Dalam pelatihan ini, kami diajarkan bagaimana caranya membimbing mahasiswa praktik. Saya sangat berterima kasih karena telah diadakan pelatihan ini,” ujar Umi.

(br/jpk/fun/fun/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia