Sabtu, 23 Jun 2018
radarbromo
icon featured
Radar Bromo Events

924 Peserta Try Out Kejujuran Resmi Mendaftar

Selasa, 13 Mar 2018 07:48 | editor : Fandi Armanto

tryout, ujian, unas, uas, usbn, kejujuran, persiapan, cbt

DAFTAR: Staf Seksi Kurikulum Bidang Pembinaan SMP Dispendik Kabupaten Probolinggo Windy Fitri Andani menerima berkas dan softcopy peserta Tryout Kejujuran CBT dari SMPN 2 Sumberasih, Rabu (7/3) lalu. (Dispendik for Radar Bromo)

KRAKSAAN - Masa pendaftaran peserta Tryout Kejujuran Computer Based Test (CBT) tingkat SMP se-Kabupaten Probolinggo, telah berakhir. Hasilnya, ada 924 siswa SMP yang telah terdata dan siap mengikuti tryout gelaran Dinas Pendidikan (Dispendik) Kabupaten Probolinggo bersama Jawa Pos Radar Bromo ini.

Staf Seksi Kurikulum Bidang Pembinaan SMP Dispendik Kabupaten Probolinggo Windy Fitri Andani mengatakan, ratusan peserta itu merupakan perwakilan siswa kelas IX dari setiap SMP se-Kabupaten Probolinggo. Baik SMP negeri maupun SMP swasta. “Setiap sekolah sudah mendaftarkan siswanya. Yang siap ada 924 siswa. Mereka juga sudah mengumpulkan softcopy data siswa dalam bentuk Excel,” ujarnya.

Menurutnya, data siswa peserta tryout juga sudah diterima masing-masing proktor dari 13 SMP yang menjadi lokasi pelaksanaan Tryout Kejujuran CBT. Data itu kemudian di-input pada aplikasi CBT beesmart. Yakni, aplikasi yang digunakan dalam gelaran tryout berbasis komputer ini. “Datanya sudah diterima masing-masing proktor yang bertugas di setiap SMP pelaksana,” ujarnya.

Kabid Pembinaan SMP Dispendik Kabupaten Probolinggo Priyo Siswoyo menambahkan, persiapan Tryout Kejujuran CBT SMP yang memasuki tahun kedua ini, terus dimaksimalkan. Sejumlah 924 siswa itu nantinya akan disebar di 13 SMP pelaksana. “Lokasi setiap peserta disesuaikan jarak lokasi pelaksanaan Tryout Kejujuran CBT,” ujarnya.

Priyo menambahkan, Tryout Kejujuran CBT SMP itu sangat penting. Sebab, sekaligus bertujuan mengenalkan CBT atau Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) kepada siswa. Sehingga, mereka juga bisa mengenalkan CBT kepada sebayanya yang belum pernah mengikuti ujian berbasis komputer.

“Untuk UNBK di Kabupaten Probolinggo, tahun ini ada sekitar 60 persen SMP yang akan melaksanakan. Tahun depan kami terget 90 persen. Melalui tryout ini, kami kenalkan apa itu CBT. Khususnya, siswa yang belum pernah mengikuti ujian berbasis komputer,” ujarnya.

(br/uno/fun/fun/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia