Sabtu, 23 Jun 2018
radarbromo
icon featured
Pasuruan

Ajukan Surat Keberatan ke PUPR, Dewan Minta Desain Ulang Tol Gempas

Selasa, 13 Mar 2018 09:30 | editor : Fandi Armanto

baliho, protes, warga, tol, gempas

BANYAK DIPROTES: Poster bernada protes akan proyek tol Gempol-Pasuruan yang dipasang warga Purworejo. (Dok. Radar Bromo)

PANGGUNGREJO - Protes warga Kelurahan Tembokrejo, Kecamatan Purworejo terkait pembangunan Tol Gempol-Pasuruan (Gempas) mendapatkan atensi DPRD. Dewan berencana melayangkan surat ke Kementerian Pekerjaan Umum dan perumahan Rakyat (PUPR) agar dilakukan desain ulang atau redesign pada Tol.

Ketua Komisi III DPRD Kota Pasuruan, Helmi mengungkapkan ia bersama anggota Komisi III sempat mendatangi Kota Semarang pekan lalu. Tujuannya, untuk melihat pelaksanaan pembebasan lahan dan pembanguan Tol di tempat ini.

Dari kunjungan ini, pihaknya mendapati sejumlah poin penting. Diantaranya, saat sosialisasi pembebasan lahan melibatkan sejumlah elemen mulai dari tokoh masyarakat sampai anggota dewan. Sehingga, tidak ada warga yang merasa dirugikan.

“Kalau di Kota Pasuruan kan tidak. Kami tidak pernah diundang. Sehingga, kami tidak tahu ada jika ada masalah sebelum diwaduli warga,” terangnya.

Selain itu, diketahui untuk jalan kelas dua dan tiga, jalan tol berada di bawah. Sementara untuk warga setempat diarahkan melalui overpass. Namun, warga boleh mengajukan keberatan ke pihak Tol jika tidak setuju dengan desainnya.

Kendalanya, di Kota Pasuruan sudah masuk tahap pembangunan. Karena itu, pihaknya berencana melayangkan surat keberatan ke Kementerian PUPR. Tujuannya, sebagai permohonan agar dilakukan desain ulang pada fisik tol.

“Dalam waktu dekat kami juga berencana untuk melakukan konsultasi ke Kementerian PUPR tentang hal ini. Kalau memang bisa, kami minta agar desainnya dirubah,” ungkap Helmi.

baliho, protes, warga, tol, gempas

RESAHKAN WARGA: Pemotor melintas diantara poster protes tol Gempas. (Dok. Radar Bromo)

(br/riz/fun/fun/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia