Senin, 18 Jun 2018
radarbromo
icon featured
Features

Dari Bromo Command Centre, Polisi Pantau Hoax di Medsos

Selasa, 13 Mar 2018 16:00 | editor : Radfan Faisal

pantau, medsos, hoax, bromo command centre, polisi, polres probolinggo, turn back hoax, turn back crime, cyber crime

PUSAT IT: Kapolres Probolinggo AKBP Fadly Samad (tiga dari kiri) saat memantau anak buahnya yang bertugas di Bromo Command Centre. (Arif Mashudi/Radar Bromo)

KEMAJUAN teknologi informasi, dimanfaatkan Polres Probolinggo untuk memberikan pelayanan selama 24 jam pada masyarakat. Melalui Bromo Command Centre, Polres mengawasi, mencegah, dan menangkal hoax di dunia maya serta memberikan jaminan pelayanan lainnya.

---------------------

Dari luar, ruangan Bromo Command Centre tersebut tampak jelas. Sebab, dinding utama ruangan itu dari kaca. Warna khas dengan lampu LED biru, membuat ruangan tersebut terlihat megah.

Tampak di dalam ruangan itu, ada enam layar LED berukuran cukup besar. Empat layar dengan ukuran sama itu, yang menjadi fokus oleh empat petugas operator dari Polres Probolinggo. Yaitu, layar Call Centre 110, Polisi Semeru, Polisi Bromo, dan Cyber Troop. Keempat layar LED itu memiliki peran dan fungsi masing-masing.

Dengan sistem piket, keempat layar itu mendapatkan pantauan dan dioperasikan selama 24 jam nonstop. Melalui Bromo Commad Centre ini, Polres menerapkan pelayanan terhadap masyarakat 24 jam, berbasis IT.

Kapolres Probolinggo AKBP Fadli Samad mengatakan, Bromo Command Centre ini merupakan ide Kapolri Jenderal Tito Karnavian untuk meningkatkan pelayanan publik melalui IT. Dengan pelayanan berbasis IT itu, masyarakat bisa langsung terhubung dan polisi terdekat akan diperintahkan untuk segera mendatangi lokasi.

“Selama ini, banyak masyarakat yang tidak melapor karena masih ada pandangan, percuma laporan nanti tidak ditanggapi, atau polisi tidak datang,” katanya kepada Jawa Pos Radar Bromo. Kapolres berharap, fasilitas tersebut bisa mengubah paradiga masyarakat tersebut.

Ketika ada masyarakat membutuhkan, pihaknya bisa memberikan pelayanan baik, tepat, cepat, dan murah. Sehingga, pihaknya memasukkan program Call Centre 110 di Bromo Command Centre tersebut.

“Dengan menekan 110, dimana pun berada langsung akan terhubung ke Polres Probolinggo. Itu selama masuk wilayah Kabupaten Probolinggo. Biaya panggilan Call Centre 110 itu gratis. Panggilan 110 itu akan terkonfirmasi oleh petugas yang piket di sini (Bromo Command Centre, Red). Karena tiap hari 24 jam, ada 4 orang yang standby piket,” terangnya.

Program tak kalah penting diungkapkan Kapolres, pogram Cyber Troop. Dimana program ini memantau ujaran kebencian, hoax, dan fitnah di medsos. Melalui program tersebut, polres memberikan imbauan bahkan peringatan. Karena banyak masyarakat yang belum paham penggunaan medsos dengan bijak.

Melalui pogram Cyber Troop tersebut, petugas yang piket akan memantau terus perkembangan dan pembaharuan status medsos di wilayah Kabupaten Probolinggo. Mulai dari facebook, twitter, maupun medsos lainnya.

“Jika ada konten informasi yang masih belum diketahui kebenarannya, petugas akan segera mengingatkan dan memberikan penjelasan soal penggunan medsos yang baik. Jika tidak, mereka bisa melanggar UU ITE,” katanya.

Ada pula program Polisi Bromo. Program ini menurut Fadly, lebih pada penggunaan HP jenis android. Dengan men-download aplikasi Bromo Perkasa, masyarakat bisa langsung menekan tombol darurat, saat terjadi kebakaran, kecelakaan, ataupun lainnya.

Dengan begitu, petugas pun langsung akan menghubungi masyarakat tersebut dan mendeteksi lokasinya. “Ini, program hampir sama dengan Call Centre 110. Hanya saja, berbasis android,” ujarnya. Kemudian pogram Polisi Semeru digunakan untuk berjejaring dengan polres-polres se-Jawa Timur.

(br/mas/rf/rf/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia