Rabu, 20 Jun 2018
radarbromo
icon-featured
Pandaan

Pedagang Pasar Burung Gempol Desak Penataan Ulang, Ini Alasannya

Selasa, 13 Mar 2018 13:00 | editor : Fandi Armanto

pasar, pasar desa, pasar burung, gempol

DINILAI SEMRAWUT: Suasana di pasar burung Gempol saat pagi hari. Pedagang yang berjualan disini meminta agar ada penataan ulang. (Rizal F. Syatori/Radar Bromo)

PANDAAN - Sejumlah pedagang di pasar burung di Pasar Daerah Pandaan, menuntut penataan pasar. Alasannya, saat ini kondisi pasar burung semrawut. Sementara kondisi pasar makin berkembang.

Seperti yang diungkapkan Huda, salah satu pedagang di pasar burung. Menurutnya, saat ini ada puluhan pedagang yang berjualan di pasar burung. Mereka menempati bangunan semi permanen yang ukurannya tidak sama. Ada juga yang berjualan di tempat terbuka. Tiap hari, pasar ini buka mulai pagi hingga siang.

Selama seminggu buka, pengunjung pasar selalu ramai. “Terutama di hari Sabtu, Minggu, dan Senin, bersamaan dengan pasar hewan,” tuturnya.

Dengan kondisi pasar yang semakin ramai, menurut Huda, sudah saatnya pihak pasar atau pemerintah daerah menata kembali pasar burung ini. “Sudah saatnya pasar burung ini ditata ulang. Agar lebih tertib dan teratur. Tidak semrawut seperti sekarang,” ungkapnya.

Menurutnya, sejumlah pedagang di pasar burung ingin beberapa penataan. Seperti, dibangun los terbuka semi permanen untuk pedagang dengan ukuran sama. Jumlahnya, menyesuaikan dengan jumlah pedagang yang ada.

“Paling tidak semua los dapat terlihat. Tidak seperti sekarang. Yang terlihat dari jalan hanya lapak pedagang yang ada di pinggir. Sedangkan di dalam tidak, karena terhalangi,” lanjutnya.

Kepala Disperindag Kabupaten Pasuruan Edy Suwanto mengaku akan menampung usulan itu. “Jika memang harus direalisasikan, harusnya ada usulan dulu dalam musrenbang kabupaten. Baru kemudian disurvei layak atau tidaknya, sebelum ditempuh penataannya,” imbuh Edy.

pasar, pasar desa, pasar burung, gempol

SEPI: Kios pedagang pasar burung yang ditempati pedagang. (Rizal F. Syatori/Radar Bromo)

(br/fun/zal/fun/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia