Senin, 18 Jun 2018
radarbromo
icon featured
Hukum & Kriminal

Pelaku Pemerasan Ditangkap saat Ngamen, Terancam Hukuman Segini

Selasa, 13 Mar 2018 15:00 | editor : Fandi Armanto

pemerasan, tersangka, pelaku, kejahatan, penjahat, curas, preman

SUDAH DITAHAN: Tersangka Abdur Rohman yang kini sudah menghuni di sel Mapolsek Gadingrejo. (Istimewa)

GADINGREJO - Muhammad Abdur Rohman, 24, warga Kelurahan Karangketug, Kecamatan Gadingrejo, Kota Pasuruan, harus melalui hari-harinya di balik jeruji besi. Itu, setelah pria yang kesehariannya menjadi pengamen ini, diamankan Polsek Gadingrejo atas kasus pemerasan.

Pelaku diamankan Rabu (3/3) lalu, setelah sebelumnya melakukan pemerasan pada Jamaludin, 17 dan Muhammad Zainuddin, 18, di Jl. Lombok, Kelurahan Trajeng, Kecamatan Panggungrejo. Pelaku pun terancam hukuman pidana 5 tahun penjara karena melanggar pasal 368 KUHP tentang Pemerasan.

Informasi yang dihimpun Jawa Pos Radar Bromo, peristiwa pemerasan ini terjadi Selasa (2/3) lalu sekitar pukul 22.00. Malam itu, Jamaluddin dan Muhammad Zainuddin berboncengan menggunakan motor melintasi di Jalan Lombok usai membeli bakso. Setibanya di depan Apotek Sejati, laju motor keduanya tiba-tiba dipotong oleh Rohman dan M, temannya. Kedua pelaku saat itu mengendarai motor Suzuki Satria FU.

Rohman lantas turun dan meminta korban agar menyerahkan uang. Pelaku mencoba menakut-nakuti korban dengan nada mengancam, seraya hendak memukulkan gitar yang dibawanya. Karena ketakutan, keduanya lantas menyerahkan seluruh uang yang dimilikinya sebesar Rp 17 ribu. Setelah itu, pelaku ngeloyor pergi.

Korban kemudian melaporkan peristiwa yang menimpanya ini ke Polsek Gadingrejo. Berbekal keterangan korban itulah, anggota polsek kemudian memburu kedua pelaku. Rohman akhirnya berhasil diamankan di Jl. Raya Soekarno-Hatta saat mengamen pada keesokan harinya sekitar pukul 22.00.

Kepada polisi, ia mengaku uang tersebut digunakan untuk membeli minuman keras (miras). “Kami masih mengejar pelaku lainnya, yakni M. Ia juga ikut beraksi saat melakukan pemerasan di Jl. Lombok,” ungkap Kanitreskrim Polsek Gadingrejo Iptu Eko Agus.

(br/riz/fun/fun/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia