Selasa, 19 Jun 2018
radarbromo
icon-featured
Ono-ono Ae

Suami Datang Jenguk Istri Hanya saat Minta “Jatah” Bercinta

Selasa, 13 Mar 2018 22:16 | editor : Fandi Armanto

ono ono ae, tole, minthul, suami, istri, rumah tangga, cerai, talak

ILUSTRASI (Achmad Syaifudin/Radar Bromo)

MINTHUL (juga nama samaran), 25, warga Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan, pantas geram. Tole (nama samaran), 28, sang suami tak lagi memberikan nafkah lahir padanya sejak menganggur. Tole bahkan pulang ke rumah orang tuanya. Yang bikin geregetan, Tole baru menjenguk sang istri saat ingin dapat “jatah”.

Sikap suaminya itu, justru tak menyelesaikan persoalan. Bahkan, keluarga Minthul menjadi tidak suka. “Ya selain saya juga jengkel, keluarga juga mendesak agar berpisah saja. Karena itu akhirnya saya pilih cerai,” ungkapnya. Ya, karena kondisi semacam itulah, akhirnya Minthul menggugat cerai sang suami di PN Bangil.

Minthul menceritakan, kehidupan rumah tangga mereka diterpa prahara saat usia pernikahan mereka menginjak 3 tahun. Sebelum menikah, Tole dikatakan masih bekerja sebagai buruh pabrik. Termasuk Minthul. Modal itulah, keluarga Minthul dengan tangan terbuka menerima Tole sebagai menantu.

Minthul dan Tole sendiri memang sempat pacaran setahun lamanya. Setelah menikah, Minthul memilih berhenti dari pekerjaannya. Pasangan muda ini kemudian tinggal di rumah orang tua Minthul. Sampai setahun menikah, tidak pernah ada masalah berarti. Termasuk soal ekonomi.

Namun sayangnya, kontrak Tole tidak lagi diperpanjang. Hal inilah yang membuat keluarga shock. Termasuk Tole dan Minthul sendiri. “Sebelumnya ya hanya mengandalkan Tole buat makan. Setelah tahu Tole diberhentikan, ya kaget satu rumah,” terangnya.

Sejatinya, Minthul tahu betul bahwa Tole tak menyerah begitu saja. Tole masih mencari pekerjaan serupa di pabrik agar bisa tetap menafkahi Minthul. Namun entah kenapa, dari lamaran yang dikirim tak satu pun yang nyantol. Sempat stres juga, Tole akhirnya menerima kerja serabutan. Yang penting dapat penghasilan.

“Pernah jadi sales, terus ikut antar barang jadi sopir. Tapi ya gitu, penghasilan gak jelas, malah kadang cuma dapat capek saja,” terangnya. Merasa tak enak, Tole pun akhirnya memilih pergi dari rumah Minthul dan tinggal di rumah orang tuanya lagi. Karena tak kunjung ada pekerjaan, otomatis Tole juga tak lagi mengirimkan uang belanja.

Namun, sesekali Tole datang sekadar menjenguk Minthul, termasuk meminta jatah di ranjang. Awalnya, Minthul tak mempersoalkan. Toh, Tole juga masih suaminya. Tapi, tidak demikian dengan keluarga Minthul. Bahkan, kondisi tersebut jadi pergunjingan tetangga.

“Akibatnya ya jadi bertengkar, apalagi Tole juga tahu sering digosipin. Keluarga saya juga akhirnya gak suka sama Tole yang dikatakan gak tanggung jawab” jelasnya. Hingga kemudian, dorongan untuk bercerai semakin menguat dari keluarga Minthul.

(br/eka/fun/fun/JPR)

Alur Cerita Berita

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia