Senin, 25 Jun 2018
radarbromo
icon featured
Pasuruan

Biaya Haji Naik dari Tahun Lalu, Segini Besarannya

Selasa, 17 Apr 2018 21:00 | editor : Fandi Armanto

haji, hajian, ibadah, biaya, ongkos

MULAI DIBUKA: Suasana pelayanan haji dan umrah di kantor Kemenag Kabupaten Pasuruan, Senin (16/4). Sejak BPIH dibuka, kantor Kemenag mulai diramaikan CJH yang ingin melunasi biaya haji. (Erri Kartika/Radar Bromo)

PANGGUNGREJO - Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) di Kabupaten Pasuruan naik dari tahun lalu. Tahun ini besaran BPIH yang harus dilunasi sebesar Rp 36.091.845, naik sedikit dari BPIH tahun lalu yang mencapai Rp 35.666.250. Senin (16/4) Kementerian Agama (Kemenag) mulai membuka pelunasan BPIH tersebut.

Imron Muhadi, kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Kabupaten Pasuruan mengatakan, pelunasan BPIH ini merujuk pada edaran Kemenag nomor 220/2018. “Karena memang baru turun, jadi hari ini kita langsung informasikan ke KUA Kecamatan. Agar bisa disebarluaskan ke calon jamaah haji (CJH) termasuk KBIH,” jelasnya.

Untuk pelunasan tahap 1 ditetapkan sebanyak 1.253 jamaah. Jumlah ini adalah jamaah yang dipastikan sudah mendapatkan kursi tahun ini. Besaran BPIH memang naik dari tahun sebelumnya. Kenaikan ini diprediksi karena tahun ini ada pengenaan pajak untuk tiket pesawat, hotel, dan sebagainya.

Imron mengatakan, meskipun durasi pelunasan sampai 3 pekan, diharapkan CJH bisa mempercepat pelunasan. “Ini, agar tidak membeludak saat akhir pelunasan. Takutnya ada trouble di sistem sehingga merugikan CJH sendiri,” terangnya.

Jika ada CJH yang tidak melunasi sampai batas waktu pelunasan, maka akan dianggap mengundurkan diri dan langsung diundur keberangkatannya.

pemberangkatan, haji, jamaah, jemaah, kabupaten pasuruan

TAHUN LALU: Suasana pemberangkatan CJH Kabupaten Pasuruan di kompleks kantor Pemkab di Raci, Bangil, tahun 2017. (Dok. Radar Bromo)

(br/eka/fun/fun/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia