Senin, 28 May 2018
radarbromo
icon featured
Pasuruan

Kemenag Kabupaten Pasuruan Usulkan 155 Jemaah Lansia di Tahap 2

Rabu, 16 May 2018 14:30 | editor : Fandi Armanto

haji, umrah, ibadah, cjh, kemenag, kuota

DIDATA: Pengumpulan data Lansia di Kantor Kemenag Kabupaten Pasuruan awal Mei lalu. (Dok. Radar Bromo)

PASURUAN - Setelah penutupan pelunasan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) tahap 1 pada 4 Mei lalu, Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Pasuruan juga menutup pengajuan Calon Jemaah Haji (CJH) lanjut usia (Lansia) dan penggabungan keluarga. Tercatat ada sebanyak 155 Jemaah yang diajukan ke Kemenag Pusat.

Hal tersebut diungkapkan Imron Muhadi, Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kemenag Kabupaten Pasuruan. Imron mengatakan bahwa setelah pelunasan tahap 1 ditutup, Kemenag juga menutup pengajuan CJH lansia dan Penggabungan keluarga. Ini lantaran data yang terkumpul sudah langsung diajukan ke Pusat.

“Sampai ditutup sudah ada 155 CJH yang mengajukan dengan rincian 67 Jemaah Lansia, plus 37 pendamping lansia dan 51 pengajuan penggabungan keluarga,” terangnya.

Imron mengatakan, dibandingkan tahun sebelumnya, jumlah ini memang menurun. Tahun lalu bisa mencapai 177 CJH yang diusulkan untuk pelunasan tahap kedua. Di Tahap kedua ini memang dikhususkan bagi lansia dan pendamping, termasuk jika ada suami istri atau anak kandung yang ingin bergabung.

Untuk persyaratan jamaah lansia adalah bagi jemah yang berusia 75 tahun keatas. Sedangkan untuk pendamping lansia dan penggabungan keluarga sudah harus terakhir mendaftar pada Desember 2015 lalu.

Pengusulan ini sifatnya masih belum tentu diterima semua. Ini lantaran tergantung kuota dari sisa CJH di tahap pertama yang tidak melunasi dihitung secara Nasional. Di Kabupaten Pasuruan sendiri di tahap pertama dari kuota 1272 kursi, hanya 1.100 yang melunasi BPIH.

Terkait kepastian CJH lansia tahap 2 yang diterima, dipastikan pengumuman sebelum pelunasan tahap 2 yang dijadwalkan pada 16 sampai 25 Mei mendatang.

(br/eka/fun/fun/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia