Jumat, 25 May 2018
radarbromo
icon featured
Pasuruan

Perbaiki Rel KA di 18 Titik untuk Persiapan Arus Mudik-Balik

Kamis, 17 May 2018 19:00 | editor : Fandi Armanto

perawatan, pengecekan, rel, ka, kereta, kereta api, petugas

DIPERBAIKI: Teknisi PT KAI Daops IX tengah melakukan pengelasan untuk mengganti rel kereta api yang tak layak di lintasan rel kereta Mangkrengan, Grati, Pasuruan Rabu siang (16/5). (Mokhamad Zubaidillah/Radar Bromo)

PASURUAN - Menjelang persiapan lebaran, Daop IX Jember mulai memberikan perhatian khusus pada kenyamanan masyarakat yang menggunakan moda transportasi kereta api (KA). Daop IX melakukan perbaikan rel KA di sejumlah titik rawan bencana.

Pantauan Jawa Pos Radar Bromo, sejumlah petugas melakukan perbaikan rel KA di jalur perlintasan Ngopak, Kecamatan Nguling, Kabupaten Pasuruan Rabu (16/5). Perbaikan dilakukan berupa pengecekan rel di lima titik di Ngopak.

Humas Daop IX Jember, Lukman Arif membenarkan adanya perbaikan jalur KA. Pemeliharaan di lakukan di sepanjang jalur perlintasan KA yang masuk kewenangan DAOP IX Jember. Yakni, mulai dari Bangil ke timur sampai Banyuwangi serta dari Probolinggo ke selatan sampai Jember.

Ia menyebut perbaikan utamanya dilakukan di 18 titik yang dianggap rawan bencana. Misalnya, di jalur perlintasan di Kraton maupun Blandongan, Pasuruan yang rawan banjir. Serta di jalur perlintasan di Ranuyoso, Lumajang yang rawan tanah gerak.

Perbaikan yang dilakukan beragam. Seperti pengecekan pada kondisi bantalan dan besi rel maupun pemadatan kerikil di sekitar rel KA. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir bahaya saat KA melintas, sebab saat Ramadan sampai mendekati lebaran, arus KA cukup padat.

“Jalur KA harus selalu dipantau. Apalagi wilayah kewenangan kami ini termasuk rawan bencana. Misalnya di Kraton yang sering tergenang banjir sampai berjam-jam. Kalau diperlukan untuk diganti missal karena memuai, langsung kami ganti,” jelasnya.

(br/riz/fun/fun/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia