Sabtu, 26 May 2018
radarbromo
icon-featured
Ono-ono Ae

Suami Minta Balikan setelah Jatuh Miskin

Kamis, 17 May 2018 09:30 | editor : Fandi Armanto

ono-ono ae, tole, minthul, gambar, ilustrasi, minthul, karikatur, kartun

Ilustrasi (Achmad Syaifudin/Radar Bromo)

KELAKUAN Tole (nama samaran), 43, warga Kecamatan Purwosari, Kabupaten Pasuruan, ini tidak layak ditiru. Sudah setahun terakhir ia tak pulang ke rumah lantaran kecantol perempuan lain. Tiba-tiba, Tole nongol di rumah Minthul (juga nama samaran), 40, istri sahnya. Usut punya usut, ternyata ia dipecat dari perusahaan.

Karena geregetan dengan ulah Tole yang meninggalkannya, Minthul pun enggan menerima dan memilih bercerai. Ia mengaku sudah pasrah setelah Tole menghilang tanpa kabar dan pesan. “Siapa juga yang gak kecewa, gak ada angin tiba-tiba suami menghilang. Saya sampai bingung cari ke sana kemari,” jelasnya.

Selama ini, Tole memang kerjanya serabutan. Terakhir, ia ikut orang sebagai supir distribusi makanan-makanan beku. Saat bekerja, Tole bisa tidak pulang hingga beberapa hari. Pernikahannya sendiri sudah berjalan belasan tahun. Bahkan, sudah ada dua anak yang menyempurnakan pernikahan mereka.

Setelah menikah dulu, kehidupan ekonomi naik-turun. Pasalnya, Tole memang sudah beberapa kali gonta-ganti pekerjaan. Awal kenal dengan Tole, Minthul dan Tole memang sama-sama sebagai buruh pabrik. Karena sudah merasa memiliki penghasilan tetap, keduanya mantap menuju ke jenjang pernikahan.

Tak lama kemudian, Minthul hamil. Minthul memilih resign untuk fokus pada anaknya dan keluarga. Tentu saja, ia hanya mengandalkan gaji Tole untuk kebutuhan sehari-hari. Awalnya, dari gaji Tole memang cukup untuk hanya makan sehari-hari. “Setelah itu, Tole di-PHK ya memang sempat bikin rumah tangga kacau. Tapi, gak lama bisa dapat kerjaan lagi,” jelasnya.

Tole pun saat itu bekerja sebagai sopir yang mengantarkan pesanan. Dari situ, akhirnya Tole sempat pindah-pindah kerja sebagai distributor barang dan terakhir ke distributor makanan beku. Diakui saat bekerja, Tole memang biasa tak pulang sampai berhari-hari. Namun, setahun yang lalu, tiba-tiba Tole tak lagi kembali dan tak ada pesan apapun.

Minthul awalnya jelas khawatir takut ada apa-apa. “Hape-nya mati, sampai seminggu saya khawatir akhirnya tanya ke tempat kerjanya. Malah katanya sudah berhenti sejak seminggu yang lalu,” jelasnya.

Jelas Minthul bingung dimana gerangan suaminya. Dicari ke rekan dan keluarga besarnya, juga gak ada yang tahu. Namun, setengah tahun yang lalu, muncul kabar bahwa Tole kecantol perempuan lain dan pindah ke luar kota dengan perempuan tersebut.

Mendapatkan kabar itu, Minthul pun mau tidak mau memilih move on. Karena harus membesarkan dua buah hatinya, Minthul pun akhirnya memilih kerja keras dengan ikut keluarganya yang mempunyai usaha kuliner. Hingga kemudian, mendadak Tole tiba-tiba muncul kembali setelah setahun menghilang.

“Saya kaget, setelah cari tahu, ternyata dia sudah gak ada kerjaan lagi, juga uangnya habis,” terangnya. Minthul tetap merasa jengkel. Karena itu ia memilih mengurus cerai di Pengadilan Agama Bangil. “Ya saya tetap sakit hati gak mau balik, kok enak pas sudah gak ada uang malah kembali ke saya buat numpang hidup. Mending cerai saja,” katanya.

(br/eka/fun/fun/JPR)

Alur Cerita Berita

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia