Senin, 28 May 2018
radarbromo
icon featured
Pasuruan

Ini Jadwal Ujian Nasional Perbaikan bagi yang Ingin Ikut

Jumat, 18 May 2018 13:05 | editor : Fandi Armanto

ILUSTRASI; Ujian

ILUSTRASI; Ujian

POHJENTREK–Ini angin segar bagi siswa tingkat SMA/SMK sederajat yang mendapat nilai jebloknya di Ujian Nasional (Unas) tahun 2018 ini. Pelajar masih bisa memperbaikinya di Ujian Nasional Perbaikan (UNP) pada bulan Juli 2018 mendatang. 

Pelaksanaan UNP ini bakal digelar dua kali. Yakni 24-26 Juli dan 27-29 Juli mendatang. UNP ini ditujukan bagi mereka yang ingin memperbaiki nilai di salah satu mata pelajaran tertentu.

Suparman, Kasi SMA dan SMK UPT Dinas Pendidikan menengah Wilayah Kabupaten Pasuruan dan Kota Pasuruan mengatakan bahwa untuk SMA sederajat, sudah sejak 2015 memang ada Ujian Nasional Perbaikan (UNP). Ini adalah fasilitas yang diberikan agar nilai mata pelajaran tertentu saat Unas bisa diperbaiki.

“Jadi jika ada mata pelajar Unas yang dibawah atau sama dengan 55, pelajar bisa mengulang untuk memperbaiki nilai. Meskipun mau tidaknya memperbaiki nilai ini juga tak diwajibkan kepada pelajar,” ungkapnya.

Dikatakan bahwa nilai UN tahun 2018 ini memang tidak menjadi syarat kelulusan untuk tingkat SMA dan SMK sederajat. Untuk kelulusan adalah dari sekolah yang mencakup nilai rapot, ujian sekolah dan sebagainya.

Namun nilai Unas ini tetap menjadi prasyarat tertentu, jika pelajar ingin meneruskan ke Perguruan Tinggi utamanya negeri, atau memasuki dunia kerja tertentu yang mensyaratkan nilai Unas tertentu. “Untuk yang ingin lanjut ke Perguruan tinggi terutama negeri ada prasyarat nilai tertentu. Misalnya untuk persyaratan ke perusahaan atau kepolisian. Karena itu peserta UNP ini biasanya cukup banyak peminatnya,” ungkapnya.

Dikatakan tahun ini, tidak hanya di Kabupaten Pasuruan, tapi secara nasional nilai UN memang menurun. Termasuk di Kabupaten Pasuruan, ada 70 persen yang nilainya dibawah 55. Karena itu yang ingin memperbaiki bisa mendaftar UNP dan mendaftarkan diri secara online di website Kemendikbud.

“Harapannya UNP ini bisa menjadi fasilitas untuk pelajar yang ingin memperbaiki nilai. Diharapkan yang sudah mendaftar hadir saat ujian. Ini lantaran di tahun lalu, kehadiran saat UNP dibawah 50 persen dibandingkan pendaftar secara online,” pungkasnya. 

(br/fun/riz/fun/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia