Jumat, 25 May 2018
radarbromo
icon featured
Pasuruan

Target Penerbitan Akta Kelahiran Tuntas Tahun Ini

Jumat, 18 May 2018 14:05 | editor : Fandi Armanto

akta kelahiran

TERUS UPDATE: Baru yang baru dilahirkan di RSUD dr R Soedarsono. Pemkot Pasuruan menargetkan di tahun ini seluruh bayi dan penduduk yang belum memiliki supaya punya akta kelahiran. (Dok Jawa Pos Radar Bromo)

PANGGUNGREJO-Belum semua warga Kota Pasuruan sudah memiliki akta kelahiran. Sejauh ini, 137 penduduk belum memiliki akta. Karena itu, Pemkot berencana melakukan layanan jemput bola untuk menuntaskan target 100 persen.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Pasuruan, Suhari mengatakan jumlah penduduk usia anak di Kota Pasuruan mencapai 61.871 jiwa. Dan, sebanyak 61.734 jiwa diantaranya sudah memiliki akta kelahiran.

Sementara, 137 jiwa diantaranya belum memiliki akta. Karena itu, pihaknya menargetkan dapat menyelesaikan pengurusan ratusan anak yang terlambat ini, sehingga akhir tahun ini seluruh penduduk Kota Pasuruan sudah memiliki akta kelahiran.

“Ada 137 orang berusia 0 sampai 18 tahun yang belum memiliki akta kelahiran. Tahun ini, kami kejar yang belum ini. Sehingga, di akhir tahun sudah mencapai 100 persen,”ungkapnya.

Ia menjelaskan ada sejumlah faktor ratusan penduduk anak yang belum memiliki akta kelahiran. Diantaranya, mereka sudah pindah dan tidak melapor serta mereka memiliki kekurangan (disabilitas) sehingga malu untuk mengurusnya.

“Untuk mengejar yang belum memiliki ini, kami akan melakukan layanan jemput bola. Dengan 4 petugas yang akan turun ke setiap kelurahan dan kecamatan dan lima menit langsung jadi,”jelas Suhari. 

(br/fun/riz/fun/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia