Jumat, 25 May 2018
radarbromo
icon featured
Bangil

Hanya 16 Lansia di Kabupaten Pasuruan Masuk Tahap 2 Pelunasan Haji

Jumat, 18 May 2018 17:05 | editor : Fandi Armanto

haji 2018

PEMBERKASAN: Suasana pelayanan haji di Kantor Kemenag Kabupaten Pasuruan, Rabu (16/05). (Dok Jawa Pos Radar Bromo)

PASURUAN–Mulai Rabu (16/5), Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Pasuruan mulai menerima pelunasan Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH) untuk tahap kedua. Dari jamaah lansia yang diusulkan sebelumnya mencapai 107 jamaah, dari pusat yang diterima hanya 16 jamaah lansia. 

Pelunasan tahap kedua ini berakhir sampai 25 Mei mendatang. Imron Muhadi, kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Kabupaten Pasuruan mengatakan, data pengusulan yang diterima oleh pusat untuk tahap kedua itu sudah turun minggu ini. 

“Setelah itu, kami undang nama-nama jamaah yang diterima di pelunasan tahap kedua pada Selasa, 15 Mei lalu. Mulai Rabu (16/5) sudah bisa dilunasi BPIH sebesar Rp 35.666.250,” terangnya.

Untuk tahap kedua, memang hanya difokuskan kepada lansia. Yakni, penggabungan keluarga termasuk cadangan. Dari pengusulan jamaah lansia sebanyak 107 orang, pusat hanya memberikan kuota sebesar 16 jamaah. Imron mengatakan, jumlah lansia yang berangkat tahun ini memang lebih sedikit dibanding tahun lalu. Tahun lalu, usulan 105 yang diterima mencapai 88 lansia.

“Lansia ini untuk jamaah yang berusia 75 tahun ke atas. Dan yang mengusulkan memang cukup banyak mencapai 10 ribu di Jawa Timur. Sedangkan kuota hanya 3 ribu saja,” jelasnya. 

Sedangkan untuk penggabungan keluarga yang diterima mencapai 55 orang. Termasuk ada yang gagal sistem di pelunasan tahap 1 kemarin ada 4 orang dan yang sudah pernah berhaji ada 2 orang. Selain itu, 77 cadangan juga diwajibkan melunasi BPIH di tahap kedua ini. 

(br/fun/eka/fun/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia