Senin, 25 Jun 2018
radarbromo
icon-featured
Pandaan

Kembali Bebaskan Lahan TPA di Wonokerto untuk Akses

Sabtu, 26 May 2018 18:30 | editor : Fandi Armanto

lahan, tpa, wonokerto, tempat pembuangan akhir

LUAS: Bakal lahan di Desa Wonokerto yang akan dijadikan lokasi TPA. (Dok. Radar Bromo)

SUKOREJO - Rencana pembangunan tempat pembuangan akhir (TPA) di Desa Wonokerto, Kecamatan Sukorejo, menghabiskan anggaran yang tak sedikit. Selain mengajukan anggaran ke pemerintah pusat sebesar Rp 40 miliar, tahun ini pemkab juga mengucurkan anggaran yang lumayan besar dari APBD setempat.

Dari catatan Jawa Pos Radar Bromo, di APBD Kabupaten Pasuruan terdapat sejumlah termin untuk proyek TPA Wonokerto. Selain dianggarkan Rp 3 miliar untuk pembersihan, penataan, dan operasional TPA Wonokerto. Ada juga untuk proses penyiapan akses TPA setempat.

Untuk penyiapan akses TPA itu, rencananya juga bakal dilakukan proses pembebasan lahan warga. Nah, untuk proses pembebasan lahan warga itu, dialokasikan anggaran Rp 700 juta dari APBD.

“Jadi, anggaran itu untuk pembebasan tanah warga buat akses ke TPA. Baik untuk akses masuk dan keluarnya. Jadi, aksesnya nanti di luar jalan kampung. Bagi kami, akses ini cukup penting dan harus ada,” terang Kepala DLH Kabupaten Pasuruan Muchaimin.

Akses untuk ke TPA itu diestimasi membutuhkan lebar sekitar 15 meter. Sementara panjangnya, mencapai sekitar 400-500 meter.

TPA baru yang mempunyai luas sekitar 4,9 hektare itu memang terletak di Desa Wonokerto, Sukorejo. Namun, pembebasan lahan untuk aksesnya dilakukan masuk Desa Oro-oro Ombo Kulon, Kecamatan Rembang.

“Saat ini dalam proses pembebasan, sedang ditempuh oleh tim. Mudah-mudahan prosesnya lancar, kami targetkan pertengahan tahun ini tuntas,” jelasnya.

Diketahui, keberadaan TPA Kenep selama ini kerap overload. Lantaran itu, pemkab merencanakan pembangunan TPA baru di Wonokerto. Proses pembangunan TPA Wonokerto sendiri menelan anggaran yang tak sedikit. Anggarannya diproyeksikan dari APBD dan pemerintah pusat.

Proyek TPA Wonokerto sendiri dimulai sejak tahun lalu dengan pembebasan lahan TPA. Nah, tahun ini pembebasan lahan kembali dilakukan.

(br/zal/fun/fun/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia