Jumat, 22 Jun 2018
radarbromo
icon featured
Probolinggo

Puskesmas Buka 24 Jam Meski Libur Lebaran

Senin, 11 Jun 2018 17:30 | editor : Fandi Armanto

puskesmas, wonoasih

TETAP BUKA: Suasana Puskesmas Wonoasih. Puskesmas ini tetap buka walau libur Lebaran. (Zainal Arifin/Radar Bromo)

PASURUAN - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Pasuruan memastikan, seluruh Puskesmas di kota tetap melayani 24 jam selama cuti bersama lebaran. Ini dilakukan sebagai bentuk antisipasi dari kejadian luar biasa (KLB).

Sekretaris Dinkes Kota Pasuruan, dr. Shierly Marlena mengungkapkan, ada delapan puskesmas di Kota Pasuruan. Pihaknya pun sudah meminta agar Puskesmas tetap buka selama 24 jam untuk melayani masyarakat.

“Puskesmas kami jamin tetap melayani pasien selama 24 jam. Ini sebagai kesiapsiagaan kami. Kami juga meminta tim surveilans penyakit siaga untuk antisipasi KLB di Kota Pasuruan,”ungkapnya.

Ditambahkan Shierly, Dinkes juga menyediakan pos kesehatan di titik arus utama mudik. Yakni di Alun-Alun Kota Pasuruan, terminal Blandongan dan di depan Masjid Al Kautsar. Pos Kesehatan ini juga melayani selama 24 jam.

“Banyak masyarakat yang memilih mudik dengan motor. Nah, mereka ini bisa memeriksakan kesehatannya di Pos yang kami sediakan secara gratis,” pungkas Shierly.

Selama itu di Kota Probolinggo, Dinkes setempat menyiagakan Puskesmas selama arus mudik dan balik. Terutama untuk antisipasi terjadinya kecelakaan.

“Untuk kegiatan arus mudik dan arus balik kami siagakan Puskesmas. Di Puskesmas ada petugas yang berjaga jika terjadi keadaan darurat,” ujar Ninik Ira Wibawati, Kadinkes Kota Probolinggo.

Menurutnya, ada enam puskesmas di kota. Namun, hanya dua Puskemas yang memiliki fasilitas Instalasi Rawat Darurat (IRD). “Yaitu Puskesmas Kademangan dan Wonoasih. Namun di Puskesmas lain kami tetap siagakan petugas jaga,” ujarnya.

Bahkan, di kantor Dineks juga ada petugas yang berjaga selam arus mudik dan arus balik. “Kami juga menerjunkan tim kesehatan di pos-pos polisi yang disiapkan Polresta. Seperti di depan terminal, depan kantor Pemkot dan Alun-alun,” jelasnya.

Selain itu, Ninik memastikan RSUD dr Mohammad Saleh juga menyiapkan IGD serta petugas selama arus mudik dan arus balik. “Di rumah sakit juga standby petugas piket,” jelasnya.

(br/riz/put/fun/fun/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia