Jumat, 22 Jun 2018
radarbromo
icon featured
Bangil

Catat, Ini Jadwal Manasik untuk CJH Kabupaten Pasuruan

Senin, 11 Jun 2018 11:30 | editor : Muhammad Fahmi

Jamaah haji, hajian, manasik, ibadah

Ilustrasi (Dok. JawaPos.Com)

BANGIL - Pemberangkatan jamaah haji gelombang pertama dipastikan sudah dimulai pada 23 Juli mendatang. Namun Calon Jemaah Haji (CJH) Kabupaten Pasuruan sejauh ini belum melakukan kegiatan manasik haji.

Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Pasuruan memastikan, manasik baru akan dilakukan setelah Lebaran nanti. “Ya karena terpotong Bulan Ramadan dan Lebaran. Sehingga, masih vakum dulu dan baru manasik bisa dilakukan setelah Lebaran,” ujar Imron Muhadi, Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh (PHU) Kemenag Kabupaten Pasuruan.

Imron mengakui, persiapan tahun ini memang agak mepet. Lantaran itu, manasik yang dilakukan se-Kabupaten Pasuruan akan dilakukan dalam waktu yang berdekatan.

Dijadwalkan kegiatan Manasik haji bersama dilaksanakan pada 3 dan 10 Juli mendatang. “Kami jadwalkan pada awal Juli dan memang cukup berdekatan. Yakni tanggal 3 dan 10 Juli. Sedangkan lokasinya di Sentra Bordir, Bangil,” ujarnya.

Selain manasik bersama se-Kabupaten Pasuruan, CJH sudah diberi pelatihan Manasik di KUA masing-masing sebanyak 6 kali. Jadwalnya sudah dilakukan sebelum ini.

Sehingga, saat Manasik bersama se-Kabupaten Pasuruan, dipastikan CJH sudah mengerti tata cara termasuk rukun saat berhaji. Selain persiapan manasik, untuk kelengkapan administrasi dipastikan sudah hampir selesai.

Selain pengumpulan paspor, Kemenag sudah mengirimkan paspor ke Kemenag Provinsi untuk diuruskan visa di minggu terakhir sebelum Lebaran lalu.

(br/eka/mie/mie/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia