Selasa, 19 Jun 2018
radarbromo
icon featured
Pasuruan

Ada Rencana SIM untuk Nelayan, Ini Upaya Dinas Perikanan

Senin, 11 Jun 2018 14:30 | editor : Muhammad Fahmi

pelatihan, nelayan, dinas perikanan

BELUM TERTARIK: Pelatihan nelayan terkait Kecelakaan Kerja di Banyuwangi pada 16 April lalu. Saat ini, nelayan Pasuruan masih enggan mengikuti sejumlah pelatihan. (Istimewa)

BANGIL - Pemerintah pusat memberikan pelatihan Surat Keterampilan dan Kecakapan (SKK) untuk melaut. Namun, sampai pertengahan tahun ini, kouta dari pusat sebesar 600 nelayan di Kabupaten Pasuruan itu belum dimanfaatkan.

Hal tersebut diungkapkan oleh Slamet Nurhandoyo, Kepala Dinas Perikanan melalui Alamsyah Supriadi, Kepala Bidang Kenelayanan Dinas Perikanan. Alamsyah mengatakan, SKK merupakan surat semacam SIM untuk melaut. Kedepan, nelayan bakal dibekali SIM sebelum bekerja ke laut lepas.

“Selama ini kan nelayan pekerjaan yang otodidak, ada juga yang karena faktor keluarga nelayan akhirnya anaknya bekerja melaut juga. Padahal, pekerjaan nelayan itu cukup berisiko. Sehingga, harus tahu teknik melaut termasuk keselamatan kerjanya,” jelas Slamet.

Dinas Perikanan (Disper) Kabupaten Pasuruan sendiri sudah mengusulkan ke pusat agar SKK diwajibkan ke nelayan. Ini agar ketrampilan melaut menjadi bekal sebelum bekerja.

Dari Kementerian perhubungan sendiri tahun ini dikatakan sudah memberikan kuota untuk pelatihan SKK. “Dan di Kabupaten Pasuruan diberi kuota sebesar 600 nelayan,” jelasnya.

Namun sampai pertengahan tahun ini, kuota tersebut memang belum bisa dimanfaatkan. Ini lantaran selain pelatihan jauh di Tanggerang juga membutuhkan waktu hingga seminggu.

“Jadi nelayan banyak yang keberatan ikut meskipun gratis. Ini lantaran mereka tak bisa melaut untuk menafkahi keluarga,” jelasnya.

Namun dengan sisa waktu setengah tahun kedepan, Disper akan terus mensosialisasikan agar nelayan mau mengikuti pelatihan SKK. Apalagi informasinya SKK ini akan menjadi SIM yang harus dimiliki sebelum nelayan melaut kedepannya.

(br/eka/mie/mie/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia