Selasa, 19 Jun 2018
radarbromo
icon-featured
Politik

Panwaslih Petakan TPS Rawan, Gunakan Variabel Ini untuk Pemetaan

Selasa, 12 Jun 2018 14:00 | editor : Muhammad Fahmi

tps, pilkada, bilik suara

Ilustrasi (Dok. JawaPos.Com)

PROBOLINGGO - Panwaslih Kota Probolinggo kini tengah memetakan tempat pemungutan suara (TPS) rawan. Pemetaan TPS rawan akan dilakukan oleh Pengawas Pemilu Lapangan (PPL) dan Pengawas TPS.

Proses identifikasi TPS rawan dilakukan sejak Senin (10/6) sampai Jumat (22/6). Dalam proses identifikasi ini, petugas akan melihat pada sejarah pelaksanaan pemungutan suara di TPS tersebut.

“Kami akan melihat dari riwayat pelaksanaan pemilihan umum di TPS. Apakah pernah ada temuan kasus money politics atau kekerasan yang terjadi di TPS tersebut,” ujar Azzam Fikri, komisioner Panwaslih Divisi Pencegahan dan Hubungan Antarlembaga.

Selain itu, ada 6 variabel yang harus diperhatikan untuk menentukan suatu TPS bisa disebut rawan. Enam variabel tersebut antara lain; akurasi data pemilih, penggunaan hak pilih/hilangnya hak pilih, politik uang, netralitas KPPS, pemungutan suara, serta kampanye SARA.

“Akurasi data pemilih ini terkait keseuaian data pemilih di lapangan. Risiko rawan jika ada warga yang sudah punya hak pilih, tapi tidak mendapat kesempatan memilih. Selain itu, juga jika ada warga yang menemukan bahwa ada warga tidak punya hak pilih, tapi bisa ikut pemilihan,” ujarnya.

Hal ini bisa saja terjadi jika saat proses pencocokan dan penelitian (coklit) oleh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) tidak dilakukan dengan akurat.

“Petugas TPS juga harus memperhatikan akses lokasi TPS bagi warga disabilitas. Ini artinya, petugas harus mengecek lokasi TPS agar tidak ada penghalang bagi penyandang disabilitas untuk mencoblos. Misalnya, tidak ada palang yang menghalangi kursi roda untuk ke bilik suara,” ujarnya.

Selain itu, harus dipastikan bahwa petugas KPPS harus netral. “PTPS atau PPL yang melakukan identifikasi juga harus memastikan bahwa petugas KPPS telah mendapat bimtek dari KPU. Serta, tidak mendukung pada paslon tertentu,” ujarnya.

(br/put/mie/mie/JPR)

Alur Cerita Berita

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia