Selasa, 19 Jun 2018
radarbromo
icon featured
Bangil

Kembali Usulkan Bangun Embung, Lokasinya di Kecamatan Ini

Selasa, 12 Jun 2018 10:45 | editor : Fandi Armanto

embung, kalisat, rembang

BANYAK MANFAAT: Embung di Kalisat, Kecamatan Rembang, yang kini sudah dimanfaatkan banyak warga. (Dok. Radar Bromo)

BANGIL - Pemkab berencana untuk menambah jumlah embung di wilayah Kabupaten Pasuruan. Langkah ini dilakukan tak hanya untuk konservasi alam, tetapi juga untuk antisipasi banjir dan penyediaan air bersih bagi warga.

Kepala Dinas PU Sumberdaya Air dan Tata Ruang Kabupaten Pasuruan Hanung Widya Sasangka menguraikan, sudah mengusulkan pembangunan dua embung tambahan ke BBWS. Saat ini, proses koordinasi dengan BBWS tengah berjalan untuk merealisasikan rencana tersebut.

Ada dua tempat yang diproyeksikan bisa dibangun embung. Selain di Kejayan ada rencana di wilayah Grati. “Kami masih koordinasi dengan BBWS. Kami berharap pembangunan embung nantinya bisa direalisasikan di Grati dan Kejayan,” kata Hanung-panggilannya.

Hanung menguraikan, langkah awal yang akan dilakukan dengan pengadaan tanah. Rencananya, pengadaan tanah itu direalisasikan tahun 2019. Seluas 5 hektare lahan dibutuhkan untuk mewujudkan pembangunan embung di masing-masing wilayah.

Luasan lahan tersebut, nantinya diproyeksikan bisa menampung air antara 500 ribu meter kubik hingga 600 ribu meter kubik. “Untuk besaran anggaran pengadaan tanah itu, masih kami lakukan penghitungan. Usai pengadaan tanah rampung, tinggal realisasi pembangunan dari BBWS Brantas,” bebernya.

Pembangunan embung di Grati dan Kejayan itu, difungsikan tak sekadar konservasi alam. Karena berfungsi pula untuk penyediaan air bersih ketika kemarau tiba yang mampu difungsikan untuk MCK.

Serta, antisipasi banjir di wilayah hilir, ketika musim hujan tiba. “Manfaat embung ini sangatlah besar. Makanya, kami upayakan agar rencana itu bisa terwujud,” sambung dia.

(br/one/fun/fun/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia