Senin, 18 Jun 2018
radarbromo
icon-featured
Pandaan

Tol Fungsional Pandaan-Lemahbang Efektif Urai Kemacetan Pandaan

Selasa, 12 Jun 2018 11:10 | editor : Fandi Armanto

exit tol, jalan tol, pandaan-malang

ALTERNATIF: Pengguna jalan saat keluar dari jalur tol fungsional Pandaan-Lemahbang, Sukorejo (11/6). (Rizal F. Syatori/Radar Bromo)

PANDAAN - Akses exit tol Pandaan di simpang empat Taman Dayu selama ini kerap jadi titik rawan macet untuk jalur Surabaya-Malang. Namun, selama arus mudik sampai Senin (11/6) sore, kawasan setempat tak sampai terjadi kemacetan parah seperti tahun-tahun sebelumnya.

Dioperasionalkannya sementara ruas tol Pandaan-Lemahbang, Kecamatan Sukorejo (bagian tol Pandaan-Malang seksi I) sejak H-7, jadi salah satu faktor terurainya kemacetan di Taman Dayu itu. Sebab, saat ini pengguna kendaraan roda empat dari arah Gempol, punya alternatif.

Bila tahun-tahun sebelumnya harus keluar lewat exit tol Pandaan, kini bisa keluar lewat exit tol Lemahbang, Sukorejo. Mobil pun banyak keluar di Lemahbang. Sebab, untuk jalur tol fungsional Pandaan-Lemahbang sendiri juga belum ditarik biaya.

“Sebelumnya, kemacetan kerap terjadi di ruas jalan nasional depan Taman Dayu. Sejak fungsional tol Pandaan – Lemahbang dibuka, sekarang kemacetan di Taman Dayu mulai berkurang drastis,” beber Kanit Turjawali Satlantas Polres Pasuruan Ipda Gede Sukana.

Sukana menjelaskan, saat ini volume kendaraan juga sudah mengalami kenaikan dibandingkan hari biasa. Hal itu terpantau dari jalur Surabaya menuju Malang. Rata-rata per hari peningkatannya mencapai lipat dua dibandingkan hari biasa.

Sementara untuk jalur dari Malang ke Surabaya disebutkan relatif landai. Baik itu sore hari hingga malam hari. “Untuk saat ini, pengaturan arus lalin-nya lebih mudah. Sebelumnya, kemacetan terpusat di titik Taman Dayu, sekarang sudah tidak lagi. Peningkatan volume kendaraan dari arah Malang ke Surabaya akan terlihat atau terjadi saat arus balik nanti,” jelas Sukana.

Sementara itu, Humas PT Jasamarga Pandaan Malang Agus Tri mengatakan, hingga H-4 Lebaran, fungsional tol Pandaan-Lemahbang masih dimanfaatkan satu jalur. Yakni, dari arah Surabaya menuju Malang.

Sebab, beberapa hari terakhir, peningkatan kendaraannya lebih banyak dari arah Surabaya ke arah Malang. “Karena volume kendaraan lebih padat dari arah Surabaya ke Malang, jadi jalur ini yang dilewati dulu untuk kendaraan roda empat dan minibus. Dari arah sebaliknya, giliran beroperasi saat arus balik nanti,” terang Agus Tri.

Kondisi itu diprediksi bakal berlangsung hingga H+2 Lebaran. Setelah itu, diperkirakan giliran jalur Malang-Surabaya yang lebih padat. Hal itu bersamaan dengan arus balik Lebaran.

(br/zal/fun/fun/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia