Jumat, 22 Jun 2018
radarbromo
icon featured
Pasuruan

Sudah 199 Tenaga Kerja Cairkan Dana Pensiun di BPJS Ketenagakerjaan

Rabu, 13 Jun 2018 17:00 | editor : Fandi Armanto

pelayanan, bpjs, ketenagakerjaan

SEMAKIN BANYAK: Pelayanan BPJS Ketenagakerjaan di Pasuruan beberapa waktu lalu. (Dok. Radar Bromo)

BUGULKIDUL - Mulai tahun 2017 lalu, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJS TK) mulai memberikan dana Jaminan Pensiun (JP) bagi peserta. Per kuartal awal 2018 ini, BPJS TK sudah mencairkan JP sebanyak 199 kepesertaan dengan total mencapai Rp 142,469 juta.

Wahyudi Purwanto, Kepala kantor BPJS Ketenagakerjaan cabang Pasuruan mengatakan bahwa Jaminan Pensiun merupakan Jaminan yang baru dikeluarkan pada tahun 2017 lalu. Berbeda dengan Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Hari Tua (JHT) dan Jaminan Kematian (JKM), untuk JP diberikan saat peserta sudah memasuki usia pensiun.

“Sehingga nanti jika sudah berusia 56 tahun, peserta bisa mendapatkan Jaminan Pensiun setiap bulannya sama seperti hak pensiun ASN,” jelasnya.

Secara normal, jaminan pensiun memang diberikan kepada peserta yang sudah berusia 56 tahun dan kepesertaan sudah 15 tahun. Namun mulai tahun 2017 memang sudah ada yang diberikan jaminan pensiun lantaran peserta meninggal dunia.

Sehingga jika ada peserta yang meninggal dunia dan sudah menjadi peserta 1 tahun lebih, maka hak warisnya yang mendapatkan pensiun. Dana pensiun ini diberikan kepada hak waris yaitu istri dari yang meninggal dunia.

Karena saat ini peserta belum ada yang menjadi kepesertaan hingga 15 tahun. Sehingga hak waris yang mendapatkan pensiun mendapatkan perhitungan paling minimal untuk dana pensiun perbulannya.

“Ada perhitungannya, dan kalau nilainya lebih kecil dari pemberian minimal maka diberikan Rp 330 ribu perbulannya,” terangnya.

Saat ini untuk JP memang hanya diberikan kepada istri pekerja yang meninggal dunia. Tercatat sampai kuartal pertama lalu atau akhir April sudah ada sebanyak 199 JP yang rutin diberikan. Dari jumlah tersebut sepanjang kuartal pertama pencairan mencapai Rp 142,469 juta.

(br/eka/fun/fun/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia