Jumat, 22 Jun 2018
radarbromo
icon-featured
Pasuruan

Daop IX Siapkan 1 Kereta Api Tambahan Selama Arus Mudik

Rabu, 13 Jun 2018 11:20 | editor : Fandi Armanto

antre, tiket, loket, stasiun, kereta api, pasuruan

ANTRE MASUK: Penumpang yang hendak masuk untuk naik ke kereta, Selasa (12/6) sore. (Mokhamad Zubaidillah/Radar Bromo)

PASURUAN - Jumlah pemudik yang menggunakan transportasi kereta api (KA) tahun ini diperkirakan meningkat. Daop IX wilayah Jember sudah menyiapkan antisipasi gerbong KA tambahan selama arus mudik dan arus balik.

Humas DAOP IX wilayah Jember, Lukman Arif mengatakan jumlah pengguna tranportasi KA untuk lebaran tahun ini diperkirakan mengalami peningkatan 3 persen dibandingkan tahun lalu. Karena itu, Daop IX Jember menambah 1 KA kelas ekonomi.

“Jumlah masyarakat yang menggunakan KA di wilayah DAOP IX kami perkirakan naik 152.852 penumpang dari tahun lalu yang hanya 149.328 penumpang,”katanya.

Lukman menjelaskan tahun ini DAOP IX wilayah Jember menyiapkan 116 unit KA serta 21 lokomotif tambahan untuk mengantisipasi lonjakan penumpang. Selain itu, demi kenyamanan mudik penumpang, pihaknya sudah menyiapkan alat material untuk siaga (AMUS).

AMUS ini ditempatkan di stasiun Pasuruan dan Probolinggo. AMUS ini berfungsi untuk kesiapsiagaan bencana di 16 titik yang dianggap rawan bencana banjir dan tanah longsor. Mulai dari Pasuruan dan Banyuwangi dan Probolinggo dan Jember.

Sementara untuk keamanan, pihaknya sudah menyiapkan petugas untuk stand by dengan bekerjasama dengan aparat kepolisian setempat untuk pengamanan jalur KA. Di setiap stasiun, masing-masing disiapkan 5 orang petugas.

“Kami juga sudah menyiapkan pos kesehatan yang dilengkapi dengan dokter dan paramedis di setiap stasiun. Ini antipasti jika ada penumpang yang sakit,” terang Lukman.

(br/riz/fun/fun/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia