Rabu, 20 Jun 2018
radarbromo
icon-featured
Probolinggo

Atasi Macet saat Lebaran, Rekayasa Lalin Bakal Diterapkan di Jalur Ini

Rabu, 13 Jun 2018 09:00 | editor : Muhammad Fahmi

macet, arus mudik, lalu lintas, pasar baru, probolinggo

RAWAN MACET: Seorang anggota Satlantas Polres Probolinggo Kota mengatur arus lalu lintas di depan Pasar Baru, Kota Probolinggo yang rawan macet. (Zainal Arifin/Radar Bromo)

MAYANGAN - Jelang lebaran, sejumlah arus lalu lintas di Kota Probolinggo cukup padat. Kondisi itu pun jadi perhatian Satlantas Polres Probolinggo Kota.

Untuk mengantisipasi kemacetan, satlantas setempat pun menyiapkan rekayasa lalu lintas (lalin). Sehingga, diharapkan tidak ada kemacetan selama arus mudik dan arus balik Lebaran.

Kasat Lantas Polres Probolinggo Kota AKP Alpo Gohan mengatakan, ada sejumlah rekayasa arus lalin yang selama ini sudah berlangsung. Meliputi kendaraan yang hendak melintas ke tengah kota diarahkan untuk melewati jalur lingkar selatan (JLS) dan jalur lingkar utara (JLU). Sehingga, tidak terjadi kepadatan arus lalin di tengah kota.

“Bagi kendaraan dari arah Surabaya yang hendak ke Lumajang dan Jember di simpang tiga Ketapang, belok ke kanan memasuki Jalan Raya Bromo. Sampai simpang empat Laweyan ke kiri masuk Jalan Prof Hamka. Sedangkan, yang ke Situbondo dan Banyuwangi dari simpang empat Pilang diarahkan ke kiri masuk Jalan Anggrek,” jelasnya.

Menurutnya, di Kota Probolinggo ada sejumlah titik yang rawan macet. Salah satunya di Jalan Panglima Sudirman di depan Pasar Baru Kota Probolinggo. Sebab, lahan parkir di depan pasar ini sangat sempit. Belum lagi banyaknya kendaraan yang keluar masuk area parkir.

“Banyaknya kendaraan yang keluar masuk tempat parkir juga mempengaruhi kepadatan arus lalin,” ujarnya.

Karenanya, jika memang situasi di Pasar Baru tidak bisa difilter, kendaraan yang melintas dari arah Jalan Soekarno Hatta akan dialihkan ke kiri di Simpang Empat Brak.

“Kendaraan yang dari barat (arah Surabaya) akan dilewatkan Jalan Panjaitan, tepat di Simpang Empat Brak,” ujarnya.

(br/rpd/mie/mie/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia