Jumat, 22 Jun 2018
radarbromo
icon-featured
Probolinggo

Nama Bacaleg Disingkronkan di Silon, Harus Sertakan Harta Kekayaan

Kamis, 14 Jun 2018 17:00 | editor : Fandi Armanto

pileg, pemilu legislatif, 2019

Ilustrasi (Dok. Radar Bromo)

KRAKSAAN - Selain mempersiapkan pemilihan kepala daerah (pilkada), Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Probolinggo juga menyiapkan pendaftaran calon legislatif (caleg). KPU memastikan setiap orang hanya bisa mendaftar menjadi caleg di satu daerah pemilihan (dapil).

Sejak Rabu (6/6) lalu, setiap partai politik (parpol) sudah bisa memasukkan nama-nama bakal calon legislatif (bacaleg) masing-masing ke Sistem Informasi Pencalonan (Silon). Semua nama bacaleg itu akan disingkronkan di Silon. Sehingga, setiap orang hanya bisa mendaftar di satu dapil, satu partai, dan satu daerah.

Divisi Teknis KPU Kabupaten Probolinggo M. Isfak Yulianto mengatakan, dalam pemilihan legislatif (pileg) 2019, Kabupaten Probolinggo dipastikan mendapatkan 50 kursi. Sebab, jumlah penduduknya lebih dari 1 juta jiwa. “Sudah ditetapkan jumlah kursi pileg di Kabupaten Probolinggo kembali menjadi 50 kursi,” katanya.

Isfak mengatakan, di Kabupaten Probolinggo tetap ada 7 dapil. Setiap dapil, parpol harus memasukkan nama bacaleg 3 orang sampai 12 orang. “Perwakilan perempuan tetap harus penuhi 30 persen,” ujarnya.

Isfak mengatakan, pendaftaran bacaleg akan dibuka mulai 4 Juli 2018. Namun, sebulan sebelum pendaftaran, parpol sudah bisa memasukkan nama-nama bacaleg ke Silon. “Setiap partai diimbau punya operator Silon yang ahli IT. Karena, pasword-nya diberikan KPU ke partai di daerah. Semua bacaleg harus dimasukkan ke Silon,” ujarnya.

Selain itu, kata Isfak, caleg yang terpilih harus melaporkan harta kekayaan dan pemberian tanda terima ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Jika tidak, sampai kapan pun caleg terpilih tidak bisa dilantik. “Laporan itu langsung dari parpol ke KPK, bukan difasilitasi KPU. Jadi, bakal caleg harus diberi penjelasan soal ini,” ujarnya.

(br/mas/fun/fun/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia