Selasa, 19 Jun 2018
radarbromo
icon featured
Probolinggo

Antisipasi Lonjakan Pengunjung, Siapkan Kantong Parkir Area Bromo

Kamis, 14 Jun 2018 15:30 | editor : Fandi Armanto

rest area, bromo, cemoro lawang

SERING RAMAI: Kawasan di sekitar rest area di Bromo. Saat lebaran nanti, tempat ini bakal dibanjiri wisatawan yang hendak berlibur. (Zainal Arifin/Radar Bromo)

SUKAPURA - Selama masa liburan Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriah diprediksi akan terjadi lonjakan pengunjung di tempat wisata Gunung Bromo. Karenanya, Dinas Pemuda Olahraga, Pariwisata, dan Kebudayaan (Dispora Parbud) Kabupaten Probolinggo telah menyiapkan kantong pakir untuk mengantisipasi kemacetan arus lalu lintas.

Sejumlah kantong parkir itu tersebar di sejumlah desa di Kecamatan Sukapura. Di antaranya, di Rest Area Desa Sukapura, sebelah Kantor Kecamatan Sukapura, Rest Area Wonokerto, tempat parkir kebun stroberi di Desa Jetak, Pendapa Agung, dan di Rest Area Cemoro Lawang Desa Ngadisari. Semua tempat parkir itu dikhususkan untuk persiapan menjelang libur Lebaran.

Kasi Pengelolaan Destinasi Wisata Dispora Parbud Kabupaten Probolinggo Musa mengatakan, pihaknya menyiapkan kantong parkir untuk mengantisipasi lonjakan pengunjung. Sebab, jika tidak diatur dan disiapkan, khawatir wisatawan akan parkir sembarangan. “Lebaran ini pasti pengunjung yang berlibur ke Bromo membeludak. Jadi, harus disiapkan segala sesuatunya. Jika itu tidak dilakukan, takutnya akan parkir sembarangan,” ujarnya.

Selain itu, Musa mengatakan, juga akan dilakukan penataan jalur menuju Gunung Bromo agar tidak ada kemacetan. Penataan jalur akan dilakukan mulai dari Desa Jetak sampai Cemoro Lawang, Desa Ngadisari. “Jalannya akan dibagi dua. Di tengahnya akan diberi tali rafia. Ini terbukti dengan uji coba yang dilakukan saat tahun baru lalu, sehingga tidak terjadi kemacetan,” ujarnya.

Musa mengatakan, demi menjaga keamanan di lokasi wisata ini, pihaknya berkoordinasi dengan Muspika Sukapura. Semua ini dilakukan sebagai pelayanan terhadap wisatawan dan mereka tidak kecewa. “Sudah kami siapkan semua agar wisatawan merasa nyaman. Tidak kecewa setelah pulang,” ujarnya.

(br/sid/fun/fun/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia