Selasa, 19 Jun 2018
radarbromo
icon featured
Pasuruan

Polisi Imbau Tidak Takbir Keliling, Ini Alasannya

Kamis, 14 Jun 2018 09:00 | editor : Fandi Armanto

malam, takbir, takbiran, pawai obor, hari raya, lebaran, idul fitri

TAHUN LALU: Suasana masyarakat saat malam takbir di akhir Ramadan tahun lalu. Kepolisian meminta agar masyarakat tak melakukan konvoi ataupun takbir keliling. (Dok. Radar Bromo)

PURWOREJO - Pihak kepolisian mengimbau warga Kota Pasuruan untuk tidak melakukan takbir keliling saat malam Lebaran, Kamis (14/6). Sebagai gantinya, Polres Probolinggo Kota berharap masyarakat melakukan takbir di setiap masjid.

Kapolresta Pasuruan AKBP Rizal Martomo berharap, takbir dilakukan warga di masjid. Tujuannya, agar kondisi lalu lintas tidak terganggu dengan kemacetan akibat pawai takbir keliling.

Namun, Rizal mengaku, Polresta tidak bisa serta merta melarang masyarakat. Jika memang tetap melakukan takbir keliling, ia berharap masyarakat menggunakan atribut lengkap kendaraan dan tidak menggunakan kendaraan dengan bak terbuka.

“Imbauan ini tidak memaksa. Jika ingin pawai, ya tidak apa-apa, asalkan tertib. Namun, usahakan tidak menggunakan pikap dan semacamnya. Sebab, pikap dan sejenisnya kan untuk muat barang,” jelasnya.

Jika ditemukan pelanggaran, menurutnya, Satlantas akan melakukan langkah persuasif. Namun, jika upaya ini tidak membuahkan hasil, pihaknya tidak akan segan-segan menilang.

“Kami juga menyiapkan personel di setiap jalan menuju perkotaan. Takbir keliling akan kami arahkan lewat jalan lain agar tidak menimbulkan kemacetan,” jelas Rizal.

(br/riz/fun/fun/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia