Sabtu, 23 Jun 2018
radarjember
icon featured
Kesehatan

RS Jember Klinik Sediakan Akupunktur Medis untuk Berbagai Penyakit

Rabu, 07 Feb 2018 10:35 | editor : Dzikri Abdi Setia

Akupunktur Medis, RS Jember Klinik, Radar Jember,

TINGKATKAN LAYANAN: RS Jember Klinik meningkatkan pelayanan kesehatan berupa akupunktur medis untuk menangani sejumlah penyakit. (RS Jember Klinik for Radar Jember)

Rumah Sakit (RS) Jember Klinik terus mengembangkan pelayanan kesehatan. Salah satunya dengan menyediakan pelayanan akupunktur medis. Khususnya untuk mengobati penyakit-penyakit umum, seperti gangguan pencernaan, rematik, gangguan hormonal, migrain, insomnia, salah urat, nyeri otot, nyeri pinggang, stroke, asam urat, gangguan liver, gangguan seksual. 

Pelayanan akupunktur medis sudah banyak dirasakan masyarakat Jember dan sekitarnya. Apalagi, akupunktur medis RS Jember Klinik telah memiliki praktisi akupunktur medis dr Ahmad Zain Wahyudi sebagai konsultan dan Linda Kusumaningrum, terapis akupunktur medis.  Tempat layanan akupunktur medis saat ini menjadi satu dengan layanan Poli Umum di Poli Terpadu lantai 1 RS Jember Klinik. 

Menurut dr Ahmad Zain Wahyudi, penggunaan akupunktur dalam pengobatan adalah pada berbagai keadaan nyeri. Seperti, nyeri kepala, nyeri bahu, nyeri lambung, nyeri lutut, nyeri paska herpes, nyeri menstruasi, nyeri saraf terjepit (HNP), trigeminal neuralgia (nyeri pada wajah), dan tic facialis (kedutan wajah). 

Kemudian berbagai kelainan fungsional. Seperti asma, alergi, insomnia, mual pada kehamilan, hipertensi, diabetes mellitus,  infertilitas, ejakulasi dini. Kemudian, beberapa kelainan saraf, seperti kelumpuhan otot wajah (bells palsy), stroke, kesemutan, vertigo, serta migrain. “Ada pula keadaan tertentu lainnya, seperti kegemukan, rambut rontok dan kebotakan, peningkatan stamina, ketagihan merokok, meningkatkan nafsu makan, meningkatkan  produksi ASI, dan lain-lain,” tuturnya.

Menurut dia orang harus tahu bahwa memang sedikit sakit. Tetapi, kabar baiknya adalah rasa sakit yang ditimbulkan bukan sesuatu yang tidak bisa ditoleransi. “Selain itu, masyarakat juga harus tahu bahwa ketika jarum memasuki kulit, pasti akan menyakitkan, tapi hanya akan berlangsung selama beberapa detik. Juga harus diketahui bahwa ada beberapa orang yang tidak merasakan sakit sama sekali ketika mereka menjalani pengobatan jenis ini,” terang Linda.

Untuk mendapatkan hasil yang optimal, butuh 12 kali terapi (1 sampai 3 kali per minggu). Apabila diperlukan pengobatan seri berikutnya, maka diberikan interval waktu beberapa hari sampai satu minggu. 

Bila membutuhkan informasi lebih lengkap tentang akupunktur, bisa datang ke Poli Umum Poli Terpadu Lantai 1 RS Jember Klinik atau menghubungi 0331 485415 ext 107. Akupunktur dapat dipilih sebagai terapi alternatif pengobatan karena efek samping yang minimal dan baik untuk kesehatan. 

(jr/aro/was/das/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia