Senin, 25 Jun 2018
radarjember
icon featured
Kesehatan

RS Bina Sehat Miliki Layanan Bank Darah

Rabu, 07 Feb 2018 12:10 | editor : Dzikri Abdi Setia

RS Bina Sehat, Bank Darah, Radar Jember,

Cek Stok Darah: Petugas Bank Darah RS Bina Sehat Jember memastikan ketersediaan stok darah agar pelayanan terhadap pasien tetap maksimal (RSBS FOR RADAR JEMBER)

Tak jarang dalam memberikan pertolongan kegawatdaruratan, pasien membutuhkan darah sesegera mungkin. Contohnya kasus melahirkan, operasi besar, perdarahan pasca operasi, kecelakaan lalu lintas dan lain-lain. Jika sebuah rumah sakit tidak memiliki bank darah, tentu akan membutuhkan waktu yang lebih lama dalam menyediakan darah.

Oleh karena itu, guna menunjang pelayanan kesehatan, sejak tahun 2010 RS Bina Sehat Jember memiliki Bank Darah yang bertanggung jawab atas tersedianya darah untuk transfusi yang aman, berkualitas, serta memastikan ketersediaan kebutuhan darah bagi pasien yang sedang menjalani perawatan. 

Pelayanan transfusi darah merupakan upaya pelayanan kesehatan yang memanfaatkan darah manusia sebagai dasar tujuan kemanusiaan dan tidak untuk tujuan komersial. Pelayanan transfusi darah sebagai salah satu upaya kesehatan dalam rangka penyembuhan penyakit dan pemulihan kesehatan sangat membutuhkan ketersediaan darah atau komponen darah yang cukup, aman, mudah diakses dan terjangkau masyarakat.

Menurut Diyah Kholila AMd AK, kepala Urusan Bank Darah RSBS, ketika ada kondisi kegawatdaruratan atau dibutuhkan, darah tersedia dan tidak perlu mencari keluar. Sehingga waktu penyelamatan pasien pun menjadi efisien.

“Dengan begitu, baik pasien maupun keluarga tidak perlu khawatir saat mengalami keadaan yang membutuhkan darah dengan segera,” jelasnya.

Ditambahkan, pada pelaksanaannya, bank darah RSBS menerima kantong darah dari Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Kabupaten Jember yang telah memenuhi syarat uji saring (non reaktif) dan telah dikonfirmasi golongan darah. Kemudian kantong darah tersebut disimpan menggunakan blood bank refrigerator, dimana suhu untuk menyimpan darah harus benar-benar dijaga agar kualitasnya tetap baik. Selanjutnya, jika ada permintaan kantong darah untuk pasien, maka dilakukan uji silang serasi antara donor darah dan penerima. “Ketersediaan stok darah selalu dipantau dan pendistribusian darah ke pasien menggunakan cara rantai dingin dengan cool box,” pungkas perempuan yang akrab disapa Lila itu.

Terakhir, Lila mengatakan demi menunjang ketersediaan stok darah, RS Bina Sehat Jember rutin menggelar kegiatan donor darah setiap tiga bulan sekali dengan menggandeng Unit Donor Darah PMI Kabupaten Jember. 

(jr/aro/rul/das/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia