Senin, 25 Jun 2018
radarjember
icon featured
Kesehatan

Melatih Motorik dan Otot pada Anak

Minggu, 11 Feb 2018 05:35 | editor : Dzikri Abdi Setia

Alun-Alun Jember, Olahraga, Radar Jember,

MELATIH KESEIMBANGAN: Anak-anak bermain sepatu roda di alun-alun Jember, permainan ini harus disertai dengan pengaman, seperti helm. (Bagus Supriadi/Radar Jember)

Olahraga sepatu roda yang dilakukan oleh anak-anak kerap ditemui di alun-alun Jember.  Setiap pagi dan sore, mereka bermain sepatu roda dengan penuh keceriaan. Di balik permainan tersebut, ternyata banyak manfaat yang didapatkan, seperti melatih motorik dan otot anak. 

Dokter spesialis anak, dr. M. Ali Shodikin, Sp.A mengatakan kegiatan sepatu roda itu melatih anak-anak untuk terbiasa dengan olahraga. Sebab, olahraga yang dilakukan tersebut dalam bentuk permainan. Ketika bermain mereka sudah sering bergerak.

Kecenderungan anak kecil senang dengan permainan yang melibatkan pergerakan organ tubuh. Seperti lompat-lompat, berjalan, lari kejar-kejaran dengan anak lainnya. Semua itu merupakan olahraga yang dilakukan mereka. 

Begitu juga dengan permainan sepatu roda yang menjadi kesukaan anak kecil. Dalam permainan tersebut, manfaat yang didapatkan sangat beragam. Mulai dari meningkatkan otot anak, mengeluarkan energi hingga menjaga keseimbangan. 

Selain itu, kata wakil dekan III Fakultas Kedokteran Unej tersebut, permainan itu mampu membuat anak rekreasi, merefresh otak mereka. '' Di sana dia belajar bersosialisasi dengan teman-temannya. Dia melatih kemampuan fisik dan mental, belajar  bermain sportifitas, ''jelasnya. 

Hanya saja, lanjut pria yang akrab disapa Ali tersebut, orang tua perlu memperhatikan keamanan anak saat bermain sepatu roda. ''Selama ini, orang tua kurang peduli dan tidak memberikan perlindungan yang maksimal. Seperti memakai helm, pelindung siku dan lutut,''katanya. 

Karena tak jarang, ada anak yang terjatuh ketika bermain sepatu roda. Dampaknya bisa cukup parah. Ada beberapa anak yang mengalami cedera berat setelah bermain karena terjatuh. Bisa juga gagar otak atau tulang retak karena terjatuh.

Untuk itu, meskipun menyehatkan, keamanan harus diperhatikan agar olahraga dalam bentuk permainan itu tidak memberikan dampak negatif. Saat anak sering olahraga, daya imun mereka bekerja dengan baik, punya daya tahan yang lebih bagus.

Sebab, lanjut dia, anak-anak rentan terkena dengan penyakit infeksi saluran pernafasan dan infeksi pencernaan. Salah satu upaya untuk menghindari penyakit tersebut adalah dengan rutin olahraga. Sepatu roda bisa melatih keseimbangan, tandasnya. 

(jr/gus/wah/das/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia