Senin, 25 Jun 2018
radarjember
icon featured
Rame-rame

Dibangun Atas Semangat Gotong Royong

Senin, 12 Feb 2018 13:25 | editor : Dzikri Abdi Setia

Pokdarwis Jenggawah Hill, Radar Jember,

LESTARIKAN ALAM: Bukan untuk mengeksploitasi, namun dengan kegiatan Pokdarwis Jembatan Hill ini malah melindungi dari kerusakan alam. (Pokdarwis Jenggawah Hill for Radar Jember)

Meskipun beranggotakan 40 orang, Pokdarwis Jenggawah Hill, berdiri dengan gerakan semangat gotong royong. Karena semua biaya untuk pelestarian gumuk Jenggawah hingga menjadi Jenggawah Hill ini diperoleh dari dana patungan para anggota. 

Pasalnya, memulai pembangunan wisata gumuk, mereka lakukan dengan membuka rute pendakian. Karena gotong royong, mereka pun babat alas dengan bersama-sama. Sampai jalan setapak, enak dilewati para pengunjung Jenggawah Hill. Setelah itu, mereka pun mempercantik bukit itu dengan sejumlah hiasan dan pernak-pernik yang bisa membuat kawasan Jenggawah Hill semakin enak untuk dikunjungi.

Berbagai fasilitas juga mulai ada di sana. Seperti Gubuk Bale Bengong, yang mulai difungsikan untuk tempat ibadah, musyawarah dan dilengkapi toilet. Bahkan, beberapa titik terindah diberi spot selfie yang memudahkan pengunjung untuk mengabadikan momen saat datang ke lokasi tersebut. Sehingga memiliki oleh-oleh datang dari Jenggawah Hill.

Pokdarwis Jenggawah Hill, Radar Jember,

BANYAK FASILITAS: Pokdarwis Jenggawah Hill menyediakan banyak sekali layanan untuk pengunjung. Mulai dari berkuda, panahan hingga kamar mandi untuk pengunjung. (Pokdarwis Jenggawah Hill for Radar Jember)

Supaya lebih memiliki identitas, kera langka ekor panjang dibiarkan hidup liar. Selain itu, ada juga permainan berkuda. “Kami juga sediakan panahan bagi pengunjung,” ujar Andy. Dengan demikian, akan semakin banyak yang dilakukan pengunjung untuk berlama-lama di sana.

Bukan hanya itu, rumah pohon juga dibangun dengan konsep alami. Bagi yang ingin bermalam, Pokdarwis Jenggawah Hill juga menyediakan tenda camping. “Siapa pun yang ingin berkunjung, kami dengan senang hati menemani,” janjinya. 

(jr/rul/ram/das/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia