Senin, 25 Jun 2018
radarjember
icon featured
Travelling

Abadikan Touring Lewat Blog – Vlog

Selasa, 13 Feb 2018 11:15 | editor : Dzikri Abdi Setia

Honda Jember, workshop jurnalistik, radar jember,

PENGALAMAN BARU: Rider motor Honda yang tergabung dalam Komunitas Honda Santun dan Aktif di Online maupun di Jalan ketika mengikuti workshop jurnalistik, Sabtu (10/2). (Wawan Dwi Siswanto/Radar Jember)

Bagi seorang rider atau pengendara motor, kemampuan mereka untuk menyusuri jalanan aspal tentu tak perlu diragukan lagi. Namun, masih belum banyak biker yang menyediakan waktu khusus untuk menyimpan dokumentasi perjalanan mereka. Dokumentasi tersebut sedianya bisa menjadi kenangan tersendiri kala menjelajah jalanan atau touring.

Untuk mengakomodasi kemampuan dokumentasi mereka, Honda sengaja menggagas workshop jurnalistik yang diikuti oleh puluhan anggota Komunitas Honda Santun dan Aktif di Online Maupun di Jalan. Tak hanya dari Jember saja, gelaran yang berlangsung di Grand Cafe Jember, Sabtu (10/2) lalu juga dihadiri oleh pengurus dan anggota dari wilayah Tapal Kuda, di antaranya Banyuwangi dan Probolinggo.

Sesi diskusi tersebut diisi oleh dua penggiat online Jember, yaitu blogger Vindy Putri serta vlogger Teguh Prakoso. Keduanya memaparkan topik seputar media massa, media online, citizen journalism dan sosial media. 

Menurut Vindy, personel komunitas motor Honda wajib memiliki pengetahuan dasar tentang jurnalistik. Komunitas motor hendaknya mampu mengaplikasikan prinsip dasar jurnalisme warga. “Sehingga, kegiatan positif kawan-kawan komunitas motor Honda bisa diketahui banyak orang. Manfaatkan media sosial untuk membagikan informasi positif sesama anak motor,” katanya.

Bikers, lanjut dia, tidak hanya harus taat lalu lintas, namun juga harus memberikan kontribusi untuk masyarakat. Salah satunya dengan edukasi melalui media online dan media sosial. “Agar komunitas ini bisa membuat berita sederhana untuk setiap kegiatan positif yang mereka lakoni. Selama ini, begitu banyak kegiatan komunitas, tapi tak dipublikasikan media massa,” pungkasnya.

(jr/lin/wah/das/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia