Selasa, 19 Jun 2018
radarjember
icon featured
Pendidikan

Tuyul Kudeta di Teater Sekolah

Selasa, 20 Feb 2018 12:45 | editor : Dzikri Abdi Setia

Teater Bondowoso, Radar Ijen,

PENUH MAKNA: Teater Kancil asal SDN Dabasah 02 Bondowoso mementaskan naskah berjudul Tuyul Kudeta 1. (HERU PUTRANTO/RADAR JEMBER)

Pegiat teater dari bangku sekolah tampil mengesankan dalam Teater Sekolah yang digelar di MAN Bondowoso hari Minggu kemarin. Sedikitrnya sepuluh ekstrakurikuler teater dari SD, SMP dan SMA/SMK menampilkan drama mulai pukul 08.00 sampai selesai. Masing-masing grup teater tampak all out untuk menunjukkan kemampuan aktingnya. 

Salah Satu peserta, M. Arif dari SDN Dabasah 03, anggota tim teater Kancil, menjelaskan kelompoknya akan pentas siang hari sekitar jam dua belasan. “Kami akan membawakan naskah Tuyul Kudeta yang coba kita eksplore dengan kemampuan imajinasi kami,” terangnya saat di temui di aula MAN Bondowoso.

Naskah itu dipilih tim drama sekolahnya karena sudah terbiasa dipentaskan. Dengan demikian, tidak membutuhkan persiapan panjang dan tinggal menyempurnakan. “Semua teman-teman sudah pernah mementaskan dan sudah hapal,” kata siswa yang biasa di panggil Rif tersebut.

Hal yang tidak jauh berbeda diungkapkan juga oleh Dia Siswi SMP IT Wonosari yang mementaskan drama teater dengan naskah Sangkuriang. “Ini pengalaman baru dilihat banyak orang di atas panggung. Sebelum pentas ndredek. Tapi setelah selesai plong rasanya. Ini pengalaman baru,” katanya.

Tomi Djauhari, pembina teater Arwah MAN Bondowoso, mengatakan pihaknya memberi apresiasi kepada semua tim teater sekolah yang tampil. “Bukan hanya menang kalah pentas teater yang ke-13 ini adalah sebagai ajang kreativitas anak sekolah di bidang seni peran, khususnya teater. Di Bondowoso alhamdulillah gairahnya besar,” tambah Djauhari yang juga staf pengajar di MAN Bondowoso.

Kegiatan teater sekolah ini rutin di adakan setiap setahun sekali dan tahun ini adalah penyelenggaraan yang ke 13. Teater Sekolah di Bondowoso rutin digalakkan seiring program penguatan karakter siswa sekolah. Teater juga dinilai tidak hanya menyajikan aspek seni, tetapi juga efektif untuk membentuk kepribadian pada diri siswa sekolah. 

(jr/her/aro/das/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia