Senin, 18 Jun 2018
radarjember
icon featured
Ekonomi Bisnis

Durian Jember Potensial Gebrak Pasar

Rabu, 21 Feb 2018 07:35 | editor : Dzikri Abdi Setia

Kontes Durian, Hari Pers, PWI, Sevendrream, Jackcloth, Radar Jember,

Banyak masyarakat yang tidak tahu jika ternyata Jember memiliki sejumlah varian durian yang cukup baik kualitasnya. Bahkan, sebenarnya kualitas durian Jember utamanya yang dari lereng Gunung Raung ini sangat potensial untuk menggebrak pasar regional dan nasional.

Hal ini terlihat dalam acara kontes durian yang digelar dalam satu rangkaian acara Hari Pers Nasional (HPN) dan HUT PWI ke-72 yang digelar PWI Jember. Ada sekitar 30 petani durian yang ikut andil dalam kontes ini. Karena memang lomba ini untuk mengonteskan durian lokal Jember.

Para peserta sendiri berasal dari berbagai wilayah di Jember yang dikenal sebagai penghasil durian lokal unggulan. Kebanyakan dari Ledokombo, Arjasa, Sumberjambe, dan Sukowono yang ikut dalam kompetisi itu. Mereka menghadirkan berbagai durian terbaiknya untuk ikut dalam kontes tersebut. 

Hasilnya, ternyata dari 30 durian yang ditampilkan dengan berbagai varian ini cukup mengejutkan. Karena ternyata cukup banyak durian yang kualitas jempolan yang ikut dalam kontes tersebut. Salah satunya Durian si 234 dengan pemilik bernama Pak Kris ini berhasil menjadi juara setelah menyingkirkan kontestan 29 lainnya.

Kris, pemilik durian si 234 mengaku sudah mengira durian miliknya akan menjadi juara pada kontes tersebut. “Saya sudah menduga Mas, karena durian saya ini punya tiga rasa manis, pahitnya sedikit, ada gurihnya,” ucap Kris. Durian ini sendiri memang asli lokal dari Pakusari dengan jenisnya Rengganis.

Menurut dia, durian miliknya ini memang cukup bagus kualitasnya. Dia yakin jika durian ini memang bisa bersaing di pasar regional dan nasional, jika memang dikembangkan dengan baik nantinya. 

Sementara itu, penanggung jawab kontes durian, Imam Khoiron, mengatakan penilaian durian yang dikonteskan harus berasal dari lokal Jember. “Karena ini memang tujuannya untuk memunculkan varietas lokal namun berkualitas unggulan,” katanya. Ternyata, hasil dari kontes durian ini sangat tidak mengecewakan. Karena dirinya menemukan banyak durian lokal Jember yang cukup enak dan kualitas jempolan.

Apalagi, sejumlah peserta kemarin berhasil melewati empat kriteria penilaian bagi durian yang dikonteskan. “Seperti rasa buah, tekstur,  ketebalan daging, serta penyajian,” lanjut Imam. Pihaknya berharap dengan kegiatan seperti ini akan terus menumbuhkan semangat bagi petani durian Jember untuk terus menghasilkan durian berkualitas jempolan.

“Bukan tidak mungkin nantinya durian asli Jember bisa menasional bahkan mendunia,” pungkasnya. Dalam rangkaian acara puncak HPN sendiri digelar Sabtu (17/2) malam di Sevendream City, kawasan Baratan, Patrang.

Selain kontes durian juga digelar donor darah serta makan durian gratis. Acara puncak peringatan HPN berupa konser musik dengan bintang tamu Wandra dan Kiki Anggun, serta pemberian penghargaan terhadap sejumlah tokoh masyarakat Jember. 

(jr/ram/wah/das/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia