Sabtu, 23 Jun 2018
radarjember
icon featured
Pendidikan

Mahasiswa KKN Buat Festival Desa

Jumat, 23 Feb 2018 07:35 | editor : Dzikri Abdi Setia

KKN Unej, Universitas Jember, Radar Jember,

SEMANGAT: Sejumlah mahasiswa KKN Universitas Jember saat berbaur dengan masyarakat dalam Festival Bendoarum. (Istimewa)

Para mahasiswa Universitas Jember (Unej) yang sedang melaksanakan kuliah kerja nyata (KKN) di Desa Bendoarum, Kecamatan Wonosari bikin inovasi. Mereka membuat festival Bendoarum. Dalam festival tersebut, ada keterlibatan para pemuda setempat untuk memeriahkan festival.

Evan, salah seorang mahasiswa mengatakan, Festival Bendoarum merupakan kegiatan inovasi yang digagas mahasiswa KKN 66 Unej. Dalam festival itu, mereka berkolaborasi dengan pemuda Desa Bendoarum. “Kami membuat festival yang memuat kekayaan seni lokal,” terangnya.

Dijelaskannya, Festival Bendoarum dengan konsep menampilkan pementasan kekayaan seni budaya lokal yang ada di Desa Bendoarum. Festival ini juga memamerkan konsep dekorasi dengan memanfaatkan sumber daya alam Bendoarum, yakni bambu. “Sebab, Bendoarum adalah desa yang kaya dengan bambu dan daun tebu, dan kami memanfaatkan dua benda itu untuk properti,” ujarnya.

Adapun yang ditampilkan antara lain adalah Tari Cublak-Cublak Suweng, Tari Molong Kopi, Senam Prajurit, Tari Madura, hadrah, Singo Ulung, marching band, Tari Gamelan yang kesemuanya merupakan talenta dari institusi pendidikan yang ada di Bendoarum. 

Selain penampilan seni budaya, festival Bendoarum juga menyuguhkan bazar produk lokal Bendoarum, seperti usaha mikro kecil dan menengah  (UMKM) keripik pisang cokelat Khasanah dan UMKM Ladrang Dearum yang merupakan binaan KKN Pokso 66 Unej.

Acara tersebut dihadiri oleh Kades Bendoarum, Camat Wonosari, dan Dosen Pembimbing KKN dari Unej. Acara digelar di lapangan Desa Bendoarum. Warga sangat antusias melihat pertunjukan tersebut. 

(jr/hud/aro/das/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia