Sabtu, 23 Jun 2018
radarjember
icon featured
Radar Ijen

Tohari dan Andi Calon Kuat Pimpin DPRD

Sabtu, 24 Feb 2018 19:35 | editor : Dzikri Abdi Setia

pilkada bondowoso, KPU Bondowoso, DPRD Bondowoso,

Buchori Mun'im (Sholikhul Huda/Radar Ijen)

Setelah dua pimpinan DPRD Bondowoso mengundurkan diri, anggota DPRD membuat rapat terbatas tentang pengumuman pemberhentian dan calon pengganti pimpinan DPRD. Rapat yang berlangsung Kamis siang (22/2) itu, digelar secara tertutup. 

Usai rapat, salah satu wakil DPRD, Buchori Mun’im mengatakan, rapat itu tentang pemberhentian dua pimpinan. Selanjutnya, dalam klausul aturan DPRD, tidak ada pelaksana tugas atau Plt pimpinan DPRD. “Tidak adanya Plt karena sistem DPRD itu adalah kolektif kolegial,” terangnya.

Dalam pengambilan keputusan, posisi pimpinan di-handle oleh dua pimpinan yang masih tersisa. Sebab telah diketahui bersama, Ketua DPRD Ahmad Dhafir telah mengundurkan diri karena mencalonkan diri sebagai bupati Bondowoso dengan menggandeng wakilnya Hidayat (Sekda). Sementara Wakil DPRD Irwan Bachtiar, juga mencalonkan diri dalam kontestasi Pilkada 2018. Ketua DPC PDI-P ini mencalonkan sebagai wakil bupati bersama calon bupati Salwa Arifin (Wabup).

Buchori Mun’im menambahkan, selama belum ada PAW, yang memimpin DPRD adalah dua orang pimpinan yang tidak mengundurkan diri. Yakni Buchori Mun’im sendiri dari Fraksi PPP, dan Budi Hartono dari Fraksi PKS. “Kami memimpin rapat secara bergantian, misalnya barusan (kemarin, Red), yang memimpin adalah saya, ketika ada rapat lagi bisa Pak Budi,” ujarnya.

Dalam perkembangannya, masing-masing partai telah melakukan pembahasan siapa pengganti PAW dua pimpinan DPRD. Pihak PKB telah mengusulkan Tohari menjadi pengganti Ahmad Dhafir sebagai ketua DPRD. Sedangkan dari PDI-P telah mengusulkan nama Andi Hermanto, sebagai wakil ketua DPRD.

Sementara tentang pengganti dua pimpinan yang mundur ini, akan ada dua orang yang akan mengisi jabatan sebagai anggota DPRD. Bidang Hukum KPU Junaidi mengatakan, yang menjabat PAW nanti adalah orang yang mencalonkan di dapil yang sama dengan perolehan suara di bawah perolehan DPRD yang mengundurkan diri. Prosesnya nanti partai yang akan melakukan pergantian. “Jadi, dari kami memberikan keterangan siapa pemilih suara di bawahnya,” jelasnya.

Pertama adalah Ahmad Dhafir. Yakni, orang yang saat ini menjadi ketua DPRD tersebut, maju dalam Pileg 2014 dari PKB Dapil V. Perolehan suara di bawahnya adalah Mohammad Sinol. Sehingga nantinya, KPU memberikan nama yang berada di bawahnya tersebut. “Kami memberi gambaran dan kami berikan ke partai, bupati dan struktur di atasnya kami,” terangnya.

Kedua adalah Irwan Bachtiar Rahmad. Ketua DPC PDI-P Bondowoso ini terpilih di Dapil I. Di bawahnya ada Rusdi. Sehingga KPU tentu akan memberikan nama calon legislatif yang perolehan suaranya dibawah anggota DPRD yang mengundurkan diri tersebut. (

(jr/hud/ram/das/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia