Selasa, 19 Jun 2018
radarjember
icon featured
Travelling

Rawa Indah Alas Sumur Keindahan Tersembunyi di Bondowoso

Minggu, 11 Mar 2018 06:40 | editor : Dzikri Abdi Setia

Alas Sumur, Wisata Bondowoso,

ALAS SUMUR: Rawa Indah Alas Sumur (Almour) adalah wisata desa yang pertama muncul di Bondowoso. Kemunculannya langsung membuat Desa Alas Sumur, Pujer ramai dikunjungi masyarakat. (Heru Putranto/Radar Ijen)

Keindahan yang tersembunyi. Itulah kesan awal seseorang yang datang ek Wisata Desa Rawa Indah Alas Sumur. Akhirnya masyarakat desa memberi label Wisata Rawa Indah Almour. Ini kepanjangan dari ‘Alas Sumur’. Nama yang diambil dari nama Desa Alas Sumur.

Sesuai dengan namanya, tempat ini menyuguhkan rawa. Memang ada rawa yang selama ini mengairi persawahan sekitar. Sekitar dua setengah tahun lalu, Rawa itu hanya sekadar rawa. Namun, setelah mendapatkan sentuhan, rawa itu menjadi tempat yang menarik untuk dikunjungi. 

Bahkan, dalam rangkuman jumlah kunjungan 2018, Rawa Indah Alas Sumur menempati urutan kedua terbanyak setelah Kawa Ijen. Selama setahun, wisata yang dikelola pemerintah desa ini bisa membukukan pengunjung sebanyak 53.385 orang. Hal itu menjadi sesuatu yang fantastis, mengingat wisata desa ini adalah wisata baru.

Kepala Disparpora Harry Patriantono mengatakan, pihaknya selama ini memang mendorong geliat wisata yang ada di Bondowoso. Dorongan itu sesuai apa yang dicita-citakan Bupati Amin Said Husni, yakni memberikan multiplier effect bagi masyarakat. “Kami membentuk pembinaan kepada Kelompok Sadar Wisata atau Pokdarwis, sehingga masyarakat yang ada di sekitar objek wisata bisa menjadi pendukung dan bagian dari adanya wisata tersebut,” tegasnya. 

Dijelaskan, fokus pembangunan Bondowoso memang untuk pariwisata. Pemda dalam hal ini telah menyinergikan seluruh stakeholder yang ada untuk mendukung fokus pengembangan objek wisata. Sehingga, minimal jalan menuju ke tempat wisata bagus.

Selain itu, objek wisata harus memperhatikan beberapa hal. Seperti tujuan orang ke suatu tempat wisata itu, tidak hanya mencari apa yang bisa dipandang. Namun, mencari apa yang bisa dilakukan dan mencari apa yang bisa dipelajari. “Ada nilai something to do and to enjoy dan juga something to buy and to remember, maka orang akan kembali untuk mencari kenikmatan itu,” terangnya.

Di Wisata Alas Sumur, seseorang bisa membawa keluarga untuk sekadar makan paket. Sebab, ada banyak warung yang memiliki pelayanan yang ciamik. 

(jr/hud/sh/das/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia