Selasa, 19 Jun 2018
radarjember
icon featured
Kesehatan

Sehari Himpun 374 Kantong Darah

Minggu, 11 Mar 2018 13:05 | editor : Dzikri Abdi Setia

PMI Jember,

SELALU TERBANYAK: Kegiatan donor darah sukarela di Bank Indonesia selalu memperoleh hasil terbanyak tiap tahunnya. Kali ini donor darah menghimpun 374 kantong dari 450 peserta yang mendaftarkan diri. (PMI FOR RADAR JEMBER)

UTD PMI Kabupaten Jember mencatatkan rekor. Dalam sehari, tim mobil unit (MU) UTD PMI Kabupaten Jember berhasil mengumpulkan 350 kantong darah. Bahkan, anggota tim MU UTD PMI Jember sampai kewalahan melayani pendonor darah yang berkumpul di Bank Indonesia perwakilan Jember. 

Sebagian besar pendonor berasal dari karyawan bank milik BUMN atau bank swasta, termasuk karyawan BPR dan jasa keuangan lainnya ikut serta. Total ada sekitar 450 undangan yang hadir untuk menjadi pendonor. Namun, dari jumlah itu hanya 374 yang mendonorkan darah. Sisanya tidak bisa melanjutkan donor darah karena tidak memenuhi standar kesehatan untuk donor darah. Salah satunya, tensi darah pendonor terlalu  tinggi atau terlalu rendah. 

Direktur UTD PMI Kabupaten Jember dr Dudung Ari Rusli menjelaskan, hampir tiap tahun kegiatan donor darah di Bank Indonesia membeludak. “Tiap tahun, kegiatan donor darah di Bank Indonesia mesti paling banyak, sehari sampai ratusan. Tapi, baru kali ini sampai tembus angka di atas 350 kantong,” ujar Dudung Ari Rusli. 

Dudung menjelaskan, membanjirnya peserta donor darah tidak lepas dari peran Bank Indonesia. “Kami ucapkan banyak terima kasih kepada Bank Indonesia, sehingga jumlah pendonornya tiap tahun terus bertambah,” imbuhnya. Sebab, banyak lembaga jasa keuangan yang menjadi mitra Bank Indonesia. 

Bahkan, sambungnya, peserta pendonor  darah sampai antre untuk mengikuti donor darah. “Pesertanya datang hampir bersamaan, sehingga terkumpul dalam rentang waktu yang tidak lama. Itu yang mengakibatkan mereka antre,” ujarnya. Padahal, UTD PMI Jember telah mengerahkan segenap petugas yang tergabung dalam tim MU. 

Ketua PMI Kabupaten Jember EA Zaenal Marzuki mengaku senang dengan kegiatan donor darah yang aktif dilakukan UTD PMI Jember. “Alhamdulillah kegiatan donor darah terus berkembang. Ini menunjukkan kesadaran masyarakat untuk ikut donor darah terus meningkat,” ujarnya. 

Dia menjelaskan, kebutuhan darah meningkat seiring bertambahnya jumlah pasien di rumah sakit di Jember. “Saya juga ucapkan terima kasih kepada para petugas di lapangan yang tak kenal lelah melayani masyarakat,” ujarnya. 

(jr/aro/lin/das/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia