Rabu, 20 Jun 2018
radarjember
icon featured
Pendidikan

Personal Development Short Course, Kombinasikan Aspek Profesionalisme

Senin, 12 Mar 2018 19:25 | editor : Dzikri Abdi Setia

PROTOKOL FISIP UNEJ, Personal Development Short Course,

Menjadi profesional artinya harus selalu menampilkan sikap yang baik dan positif di hadapan banyak orang. Tidak hanya di keluarga ataupun rekan-rekan saja, tetapi juga kepada mitra dan masyarakat luas yang banyak ditemui. Karena itu dibutuhkan pengembangan karakter dan sikap yang positif, agar dapat membentuk kesan positif pula di hadapan masyarakat.

Hal inilah yang menjadi dasar digelarnya seminar dan pelatihan bertajuk Personality Development Short Course, yang diadakan oleh UKM Protokol Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) Universitas Jember. Selama dua hari hinga Minggu (11/3) tak kurang dari 90 peserta mengikuti rangkaian kegiatan yang melatih pembentukan sikap profesional mereka.

Tidak hanya dari kalangan mahasiswa saja, peserta juga datang dari kalangan umum. Salah satunya adalah drg Chitrawati Moestikaningsih dari RSD dr Soebandi, yang sangat antusias mengikuti pelatihan kepribadian tersebut. “Pelatihan kepribadian ini sangat penting, karena pada dasarnya kita harus selalu menyenangkan orang lain melalui penampilan dan pembawaan kita yang baik,” ujarnya.

PROTOKOL FISIP UNEJ, Personal Development Short Course,

(PROTOKOL FISIP UNEJ FOR RADAR JEMBER)

Sebelum ini, drg Chitrawati memang pernah mengukuti kursus serupa. Keikutsertaannya kali ini menjadi motivasi untuk bisa memperbaiki dan memutakhirkan ilmu yang pernah dia peroleh. “Kita sebenarnya sudah paham tetapi tetap harus di-refresh supaya ingat lagi, untuk menjadi bekal profesionalisme,” tegasnya.

Sikap profesionalisme ini menjadi salah satu bentuk kesuksesan, yang merupakan kombinasi dari tiga hal. Menurut Dr Selfi Budi Helpiastuti, pembina UKM Profis Unej, tiga aspek tersebut adalah attitude, communication, dan networking. Karena itu pihaknya membagi materi utama ke dalam dua hari pelatihan.

Di hari pertama, peserta mendapat pemaparan mengenai personal branding atau bagaimana seseorang menciptakan citra diri supaya bisa menghasilkan kesan positif pada pandangan orang lain. Kemudian diperkuat dengan personal grooming, yaitu langkah berpenampilan menarik dan menciptakan positive thinking dari orang lain. Lalu dilanjutkan dengan art of public speaking yang merupakan seni berkomunikasi dengan orang lain.

Di hari kedua, peserta mempelajari kembali social networking atau kemampuan bersosialisasi sehingga masyarakat mengakui eksistensi seseorang. Terakhir adalah personality development atau etiket bersosialisasi. “Semua hal di atas merupakan kunci sukses dalam hidup,” ujar Selfi.

Sementara itu, penyelenggaraan Personality Development Short Course tahun ini sudah memasuki tahun kesembilan. Selfi mengungkapkan, peserta yang datang kali ini jauh melampaui peserta tahun-tahun sebelumnya. “Bahkan ada yang datang dari luar kota juga seperti Surabaya dan Jogjakarta,” imbuhnya. Hal ini diperkuat dengan fakta bahwa Profis Unej merupakan satu-satunya UKM protokoler yang ada di Jawa Timur, dan juga merupakan satu dari dua UKM protokoler setelah Universitas Padjadjaran Bandung.

(jr/lin/wah/das/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia