Senin, 18 Jun 2018
radarjember
icon featured
Pendidikan

Alqodiri Bentuk Karakter Santri Sejak Dini

Selasa, 13 Mar 2018 11:35 | editor : Dzikri Abdi Setia

al qodiri jember,

Pondok Pesantren Al-Qodiri Jember merupakan Pondok Pesantren yang terletak di Jl. Manggar 139 A Gebang Poreng,Patrang, Jember dipimpin sosok kiai Kharismatik KH. Achmad Muzakki Syah. Di dalamnya terdapat lembaga pendidikan mulai dari TK sampai perguruan Tinggi di bawah naungan Yayasan Al Qodiri. 

Uniknya, Pondok Pesantren Al Qodiri terdapat lembaga Pendidikan non formal yang jarang dimiliki Pondok Pesantren lain. Yaitu Pondok Pesantren Anak-Anak dan Tahfidzul Qur’an. 

Pondok Pesantren Anak-Anak dan Tahfidzul Qur’an ini berdiri pada tahun 1998 yang dirintis oleh Nyai Zuriyah Al-Hafidzoh, penghafal Alquran dari Demak, Jawa Tengah. Keberadaan lembaga ini awalnya muncul ketika fenomena santri yang masih banyak belum bisa membaca Alquran dan memunculkan santri penghafal Alquran khususnya bagi anak kecil. Selain itu, dikalangan masyarakat asumsi memondokkan anak yang masih usia dini hampir belum bisa karena takut perawatan anak mereka tidak sesuai dengan ketika masih berada dirumah 

Dengan dirintisnya pondok anak-anak dan tahfidzul quran ini para pengelola memberikan solusi kepada masyarakat bahwa belajar alquran, kemandirian, dan pendidikan akhlak harus dimulai sejak dini, tutur Nyai Zuriyah Ketua Lembaga Pondok Anak-Anak dan Tahfidzul Quran. Pengelola memiliki visi dan misi untuk mengatur dan mengarahkan kepada santri agar memiliki pandangan dan tujuan yang jelas sebagai bekal masa depan santri. Visi lembaga Pondok Anak-Anak dan Tahfidzul Quran yaitu “ Mencetak kader yang tangguh, berilmu berkarakter mulai usia dini dengan mendarh dagingkan Alqurran”. Sedangkan misinya adalahmenjadikan Alquran sebagai sarana yang dekat dengan keseharian santri,menjadikan Alquran sebagai pedoman hidup baik untuk masa kini maupun masa depan dengan cara Bin Nadhor (membaca) dan Muhafadzoh (mengahafal), menciptakan kemandirian santri secara kejiwaan dengan cara ditempa hal-hal yang positif di dalam kehidupan setiap hari. 

Untuk mewujudkan visi dan misi diatas kami sebagai pengelola memiliki rangkain program kegiatan yang harus dilakukan oleh santri. Diantara program kegiatan tersebut adalah program harian (Tahfidz Alquran, sholat berjamaah, salat dhuha, sekolah formal, wajib tidur siang, TPQ, ubudiyah, Madrasatul Quran dan wajib belajar), program mingguan (Tahlil, Khitobah, sholawat/ Diba’iyah, khataman Alquran dan tahkiman) dan program bulanan (Doa bersama) serta program tahunan (HUT Al Qodiri, Khoul, Maulid Nabi, Wisuda Santri Tahfidz dan TPQ).

(jr/wah/gus/das/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia